Metode Jigsaw Tingkatkan Kapasitas Guru

  • Bagikan
PENYERAHAN SERTIFIKAT. Ketua Tim PPMU-PK, Dr. Asriani Abbas, M.Hum menyerahkan sertifikat kepada Kepala SMP Negeri 13 Bontoa, Maros, Irwan, S.Pd., M.Hum.

Atas pertimbangan itulah sehingga Tim Pengabdian kepada Masyarakat Fakultas Ilmu Budaya LPPM Unhas menyisihkan waktu memberikan pendampingan kepada guru-guru. Terutama kepada mereka yang mengalami kesulitan dalam menulis dan menyusun karya ilmiah, khususnya teknik penulisan yang inovatif dengan menggunakan metode jigsaw berbasis audiovisual.

“Metode pembelajaran Jigsaw berbasis Audio-Visual (J-AV) diasumsikan dapat membantu guru-guru secara optimal mengembangkan ide atau gagasan pada karya ilmiah yang ditulisnya,” kata Ketua Tim PPMU-PK (Program Pengabdian kepada Masyarakat-Program Kemitraan), Fakultas Ilmu Budaya Unhas,  Dr. Asriani Abbas, M.Hum.

Dalam pengantarnya, Asriani juga menjelaskan tujuan J-AV. Kata dia, pemahaman dapat terimplementasi dengan baik karena media audiovisual relatif lebih efisien dan dapat disimak secara berulang sehingga dapat membantu guru memperoleh masalah, memproses informasi, dan menuangkan gagasan seara komprehensif, lalu menganalisis dan mengevaluasinya. Guru-guru terbantu untuk merefleksikan pemikiran secara sistematis yang orisinal.

“Tujuan utamanya adalah membuktikan bahwa metode J-AV ini dapat meningkatkan kapasitas guru menulis karya ilmiah yang berkualitas tinggi di Kabupaten Maros. Target khusus kegiatan ini adalah menerapkan metode J-AV tersebut untuk menjadi rujukan pada sekolah-sekolah lainnya di Kabupaten Maros. Metode yang digunakan adalah ceramah, diskusi, dan role play yang didahului pemutaran video hasil penelitian tim peneliti pada skim Penelitian Dasar Umum (PDU) tahun 2022,” kata Asriani, lalu melanjutkan secara detail materinya.

  • Bagikan