- Masalah keamanan teknologi informasi;
- Keandalan dan stabilitas mesin produksi;
- Kurangnya keterampilan yang memadai;
- Keengganan untuk berubah oleh para pemangku kepentingan; dan
- Hilangnya banyak pekerjaan karena berubah menjadi otomatisasi.
Suatu realita yang tidak dapat dipungkiri bahwa otomatisasi akan menghilangkan banyak pekerjaan, bila dikaitkan dengan kontek statemen yang ’65 % pekerjaan saat ini akan hilang 10 tahun mendatang’, maka dampak ini yang saat ini menjadi bahan renungan bersama.
Bagaimana PNS dan PPPK menghadapi tantangan Revolusi Industri 4.0
Apakah kita (PNS) siap menghadapi kemungkinan 10 tahun mendatang? hal ini tidak cukup hanya direnungkan tetapi yang dipikirkan sekarang harus mulai direncanakan dan dikerjakan mulai sekarang, karena waktu tidak akan kompromi dan akan melaju terus. Berikut beberapa hal yang sekiranya dapat dikerjakan, antara lain;
- Memanfaatkan teknologi saat ini untuk mempelajari berbagai hal dalam rangka mengantisipasi kemungkinan dimasa mendatang. Saat ini terdapat kecenderungan bahwa pemanfaatan teknologi informasi dilingkungan masyarakat (tidak terkecuali PNS) masih sebatas mengikuti trend kehidupan sosial sebatas informasi dijadikan untuk memenuhi rasa ingin tahu dan bahkan sekedar menumpuk sampah informasi (yang seharusnya tidak penting tetap diakses). Penggunaan teknologi informasi belum pada tataran untuk kepentingan peningkatan kapasitas. Teknologi Informasi yang diwujudkan dalam jejaring internet dapat diibaratkan perpustakaan yang tiada batas sehingga pengetahuan apapun bisa kita peroleh ;
- Memperluas jejaring (network) dengan berbagai pihak, kungkungan bekerja di tempat kerja tidak akan membatasi pengembangan jejaring pertemanan yang dapat memotivasi, dan memberikan kesempatan untuk meraih kesempatan yang lain ;
- Membangun kepercayaan dan memberikan pelayanan yang terbaik, maskipun informasi dapat memberikan kepastian terhadap pelayanan tetapi saat dihadapkan pada hal-hal tertentu masih diperlukan kontak fisik/bertatap muka untuk dalam hal ini harus mampu membangun kepercayaan sehingga pelanggan menjadi lebih loyal dan citra organisasi terangkat ;
- Bekerja tidak hanya untuk hari ini, pada saat diberikan kepercayaan untuk melaksanakan tugas maka tugas tersebut harus dikerjakan tidak hanya dengan baik tetapi harus harus lebih baik dari yang dikerjakan sebelumnya;
- Belajar jangan berhenti dihari ini, bila mendapatkan pengetahuan yang bermanfaat untuk bekerja di hari ini maka hari esok harus mendapatkan informasi untuk merencanakan kehidupan dimasa mendatang .
"65% Pekerjaan Hari ini akan Hilang 10 tahun mendatang" merupakan hal yang nyata dan pasti akan terjadi, maka bersiap hari mulai sekarang akan membantu memperkecil resiko terimbas karenanya.