Jelang IdulFitri 2023, Polisi Minta Pemudik Tak Membawa Barang Berlebihan

  • Bagikan
Mudik

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR - Sudah menjadi budaya bagi umat Islam jika mendekati lebaran IdulFitri, para pekerja di kota besar pulang ke kampung halaman untuk merayakan hari raya bersama keluarga tercinta.

Sebelum mudik lebaran 2023, ada beberapa yang harus dipersiapkan sebaik mungkin. Utamanya, dari segi keselamatan pengendara baik roda dua maupun roda empat.

Kasat Lantas Polrestabes Makassar, AKBP Zulanda meminta pada pemudik untuk memonitor dan mempersiapkan diri jadwal mudik yang akan dilaksanakan sebelum lebaran.

"Untuk bergerak mudik di siang hari dan sangat tidak direkomendasikan bergerak dini hari sampai subuh guna mencegah laka lantas," ujar Zulanda, Rabu (5/4/2023).

Zulanda berpesan bagi para pemudik untuk tidak memaksakan diri berkendara apabila tidak dalam keadaan sehat.

Selain itu, Zulanda mengimbau para pemudik tidak membawa barang yang berlebihan. Agar tidak menganggu kendali kemudi.

"Tidak membawa barang berlebihan yang akan mengganggu kendali kemudi atau stang dan rem, menyalakan lampu besar pada siang hari dan menggunakan Helm yang melindungi wajah dari angin dan debu," lanjutnya.

"Mengganti oli, mengecek kekencangan angin, dan ketersediaan BBM dengan jarak tempuh tujuan," sambung orang nomor satu di Lantas Polrestabes Makassar itu.

Dia pun berharap, semoga tahun ini menjadi mudik aman dan nyaman bagi pemudik yang melalui kota Makassar.

"Prediksi tahun ini akan terjadi peningkatan pemudik yang signifikan dibanding tahun 2022," kuncinya.

(Muhsin/fajar)

  • Bagikan