Hardiknas, Dukung Keberlanjutan Program Merdeka Belajar

  • Bagikan

Salah satunya, dengan melakukan pemetaan guru di perkotaan dan pedalaman.

"Ini persoalan membangun bangsa. Kalau tidak berani tugas di daerah pedalaman jangan jadi guru, jangan jadi pegawai. Banyak daerah pedalaman membutuhkan guru berkualitas," sebut Akmal

OTONOMI DAERAH

Upacara Hardiknas Tahun 2023 di Sulbar telah dirangkaikan dengan Hari Otonomi Daerah ke 27 Tahun 2023.

Melalui kesempatan itu, Akmal Malik menyampaikan beberapa poin yang harus meenjadi perhatian agar Sulbar dapat mandiri.

Pertama Muhasabah, agar dapat melaksanakan urusan yang menjadi kewenangan pemerintah daerah. Ketika urusan di daerah masih banyak menunggu kucuran dana dan petunjuk dari pusat sesungguhnya Sulbar tidak berotonomi
"Tolong introspeksi ini," kata Akmal Malik.

Kedua persoalan kelembagaan yang masih gemuk membuat belanja rutin pemerintah lebih besar ketimbang belanja modal. Ketiga Persoalan SDM. Akmal Malik berharap Pemda meningkatkan kapasitas dan kualitas. Sebab kebijakan otonomi daerah memberikan ruang kepada seluruh ASN berinprovisasi dan berinovasi agar dapat memberikan yang terbaik bagi daerah.

Keempat pelayanan publik. Akmal Malik minta ASN melakukan penyesuaian dalam melakukan pelayanan publik sesuai harapan masyarakat. Kelima persoalan fiskal daerah, diharapkan Sulbar dapat lebih mandiri dari sisi keuangan.

Keenam membangunn kolaborasi antar aktor aktor penyelanggaraan pemerintahan daerah. dalam hal ini, kepala daerah wakil kepala daerah dan opdmya harus bersinergi DPRD agar bisa melakukan pelayanan publik yang diinginkan masyarakat. Ketujuh berjalannya pengawasan agar setiap kelbagaan berjalan sesuai dengan koridor aturan yang ada.

  • Bagikan