Persiapan KTT ASEAN 2023 di Labuan Bajo Capai 90 Persen

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, JAKARTA- Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg) memastikan kesiapan pelaksanaan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN di Labuan Bajo pada 9-11 Mei telah mencapai 90 persen. Mulai dari ancang-ancang tempat kegiatan, keamanan, hingga sisi kesehatan.

“Persiapan sekarang sudah mencapai 90 persen. Sisa 10 persen lagi itu persiapan-persiapan yang disiapkan di H-1. Seperti pengerjaan meja dan kursi,” kata Sekretaris Kemensetneg, Setya Utama dalam diskusi Forum Merdeka Barat 9 (FMB9) bertajuk ‘Kesiapaan KTT ASEAN 2023 Labuan Bajo’, Jumat (5/5/2023).

Setya menjelaskan, para delegasi dari Community Permanent Representative ASEAN hingga ASEAN Secretariat Official akan mulai berdatangan di Labuan Bajo pada Sabtu (6/5/2023). Mereka akan melakukan sejumlah pertemuan pada Minggu (7/5/2023), seperti the Community of Permanent Representative ASEAN yang diselenggarakan di Dolo Mori.

Sementara untuk para pemimpin dan kepala negara ASEAN akan mulai tiba di Labuan Bajo pada Selasa (9/5/2023). Di mana pada hari itu juga akan diselenggarakan ASEAN Foreign Meeting di Ayana Hotel.

“Jadi total semuanya 13 pimpinan yang akan hadir di Labuan Bajo. KTT sendiri baru akan mulai 10 Mei di Hotel Meurorah. Jadi kita akan siapkan dari mulai sekarang, dan kira-kira sekitar 10 persen persiapan dilakukan sebelum hari H itu,” tambah Setya.

Sementara dari sisi keamanan, Polri juga telah melakukan berbagai persiapan menjelang KTT ASEAN 2023 ini. Asops Kapolri, Irjen Pol Agung Setya mengatakan, pihaknya menyelenggarakan operasi terpusat dengan sandi ‘Komodo 2023’.

  • Bagikan