Cegah Abrasi, TNI-Polri Tanam 2000 Bibit Pohon Mangrove di Maros

  • Bagikan

Dari 13 lokasi yang dilakukan penanaman ini, terdapat 18 ribu pohon mangrove di tanam tersebar di berbagai wilayah Korem 141 Toddopuli.

"Seluruhnya di wilayah Korem 141 di Sulsel ini 18 ribu yang kita tanam, semua unsur kerjasama semua baik Angkatan Darat, Angkatan Laut, Angkatan Udara termasuk kepolisian dan masyarakat. Serentak semuanya di Sulsel ini 13 lokasi yang ada pantainya," ungkap Budi.

Sementara itu, Dandim 1422 Maros Letkol Inf Muhammad Hujairin, mengatakan penanaman mangrove di wilayahnya ini dilaksanakan selama dua tahap, dengan luas lahan 2 hektar di dua titik.

Penanaman mangrove ini kata dia, sebagai bentuk antisipasi mengurangi terjadinya abrasi dan menjaga lingkungan hidup di wilayah pesisir.

"Penanaman pohon mangrove secara serentak di Indonesia dan jajaran Kodam XIV Hasanuddin ini merupakan bentuk antisipasi mengurangi abrasi, serta menjaga kelestarian lingkungan hidup, khususnya di wilayah pesisir Kabupaten Maros," bebernya.

Pihaknya juga berharap pohon mangrove yang ditanam bisa bermanfaat dan menjadi motivasi kelompok masyarakat dan perusahaan untuk terus meningkatkan upaya-upaya pengelolaan dan perlindungan lingkungan hidup.

Serta sebagai sarana edukasi dengan adik-adik mahasiswa untuk menciptakan lingkungan yang sehat dan asri.

"Ini adalah giat positif, yang terpenting bukan hanya menanam, namun juga merawatnya hingga benar-benar bisa tumbuh subur dan bermanfaat untuk lingkungan sekitar," pungkasnya.

  • Bagikan