Cegah Abrasi, TNI-Polri Tanam 2000 Bibit Pohon Mangrove di Maros

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, MAROS-- Penanaman Mangrove Nasional oleh jajaran TNI dilaksanakan secara serentak, Senin, 15 Mei.

Dimana penanaman mangrove ini dipimpin langsung oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo, yang berpusat di Pantai Indah Kapuk Jakarta.

Untuk di wilayah Korem 141 Toddopuli Kodam XIV Hasanuddin, salah satu lokasi penanaman mangrove dilakukan di Desa Bonto Bahari, Kecamatan Bontoa, Kabupaten Maros.

"Hari ini kita melaksanakan perintah bapak presiden yaitu penanaman mangrove. Jadi kita bersama-sama unsur Polres, Pemda dan organisasi masyarakat, seluruh kecamatan," kata Danrem 141/TDP Brigjen TNI Budi Suharto.

Penanaman mangrove di wilayah ini kompak dilaksanakan oleh unsur Forkopimda, baik TNI Kodim 1422 dan Polres Maros, pemerintah Kabupaten serta organisasi masyarakat.

Ini bertujuan mencegah terjadinya abrasi dan perbaikan lingkungan hidup, khususnya hutan mangrove untuk keberlanjutan ekosistem dalam meningkatkan perekonomian masyarakat.

"Kita tanam disini (Maros) sebanyak 2000 pohon di tanam 2 tahap, tadi 1000 pohon, bulan Maret 1000. Tujuan dari pada penanaman mangrove ini untuk menciptakan ekosistem baru, manfaatnya jelas untuk cegah abrasi, perbaikan hutan mangrove itu sendiri kemudian perbaikan lingkungan hidup agar dapat meningkatkan ekonomi masyarakat," jelasnya.

Untuk di wilayah Korem 141 Toddopuli lanjut Budi, terdapat 13 lokasi di kabupaten kota dilaksanakan penanaman mangrove dengan luas lahan 10 hektar.

"Kebetulan di wilayah Korem 141 ini tidak semuanya dari 18 Kodim ada pantai, jadi hanya 13 lokasi kita laksanakan, seluruhnya kurang lebih 10 hektar di 13 lokasi kabupaten ini," katanya.

  • Bagikan