PT Vale Sinergi PDGI Luwu Timur Gelar Operasi Gratis Celah Bibir dan Lelangit

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, LUWU TIMUR-- Sebanyak 13 anak di Kabupaten Luwu Timur (Lutim) dan sekitarnya mengikuti operasi Celah Bibir dan Lelangit (CBL) secara gratis. Bakti Sosial (Baksos) ini diselenggarakan atas inisiatif bersama PT Vale Indonesia Tbk (PT Vale) bersama Primaya Hospital, Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI) Lutim, Persatuan Ahli Bedah Mulut dan Maksilofasial Indonesia (PABMI), Yayasan Smile Train dan Yayasan Celebes Cleft Center. Kegiatan dilaksanakan di dua rumah sakit di Lutim, yakni RSUD Lagaligo dan RS Primaya Inco Sorowako, selama dua hari, Jumat dan Sabtu (19-20/5/2023).

Rangkaian Baksos dimulai sejak 16 Mei 2023 dengan tahap skrining dan tindakan operasi dilakukan pada 19 dan 20 Mei 2023. Pada tahap pendaftaran, terdapat 21 anak yang mendaftar, namun yang lolos skrining untuk menjalani operasi hanya 13 anak. Persyaratan utama lolos skrining antara lain berat badan sesuai umur, tidak ada infeksi dan tidak dalam keadaan sakit misalnya batuk atau pilek.

Direktur Eksternal Relations, Endra Kusuma menjelaskan, Baksos ini merupakan bagian dari Program Pengembangan dan Pemberdayaan Masyarakat (PPM) PT Vale di bidang kesehatan.

"Sejak awal perusahaan telah memiliki komitmen untuk menerapkan prinsip-prinsip ESG (Environment, Social, Governance) di seluruh wilayah operasinya. Sebagaimana tujuan perusahaan adalah mengubah sumber daya alam untuk kemakmuran dan pembangunan berkelanjutan, Baksos ini juga merupakan perwujudan kontribusi sosial perusahaan dalam peningkatan kualitas kesehatan masyarakat wilayah operasional kita. Kontribusi ini berkorelasi positif terhadap Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Luwu Timur yang unggul dan berdaya saing, dan pada gilirannya perekonomian daerah juga akan lebih maju. Praktik-praktik baik ini akan kami terapkan juga ke wilayah operasi PT Vale lainnya,” kata Endra.

  • Bagikan

Exit mobile version