Rakornas BPSDM Kemendagri, Ary Ginanjar Bicara SDM BerAKHLAK

  • Bagikan

Dua adalah ego independent yaitu fokus dengan ego pribadi. Pada level ketiga, fokusnya kepada orang lain dan lingkungan sosial untuk dirinya yakni socio dependent.

Sedangkan level keempat yaitu intra independent, di sinilah level dimana ASN memiliki prinsip dan nilai-nilai yang diyakini.

Lalu pada level lima adalah interdependent (noble purpose), ASN fokus untuk memberikan kontribusi kepada lingkungan sosial dan masyarakat. Inilah Bangga Melayani Bangsa.

“Sudah jelas apa yang telah dibuat oleh Permenpan mengenai tiga kompetensi. Maka kita fokuskan terlebih dahulu untuk kompetensi sosio kultural yakni kapasitas, kemudian kompetensi manajerial yaitu agility, dan terakhir barulah kompetensi teknis,” tandasnya.

Penjabat Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono juga berkesempatan hadir dan memberikan sambutan dihadapan 135 peserta Rakornas.

"Dengan bangga pagi ini rekan-rekan BPSDM berkumpul di DKI Jakarta yang kami harapkan dapat menjadi tulang punggung dalam menjalankan pemerintahan di Indonesia. Semoga Rakornas BPSDM ini dapat menyongsong Indonesia Emas 2045," ujar Heru.

Selain itu, Wakil Kemendagri John Wempi Wetipo menyebut bahwa peran BPSDM sangat penting untuk kemajuan bangsa Indonesia menuju visi Indonesia Emas 2045.

“Indonesia performa dalam kancah global perlu ditingkatkan melihat dari daya saing yang rendah. Dan peningkatan global ini banyak bergantung kepada sumber daya manusia. Yang menjadi perhatian khusus BPSDM," ucapnya.(*)

  • Bagikan