Salat Iduladha di Kantor Pusat Semen Tonasa, KH Baharuddin HS Jadi Khatib

  • Bagikan

Fajar.co.id -- Gema takbir, tahlil, takbir dan tahmid berkumandang menyambut pelaksanaan Salat Idul Adha 1444 H di pelataran Kantor Pusat Semen Tonasa, Kamis, 29 Juni 2023.

Ratusan jemaah yang berasal dari jajaran manajemen dan keluarga besar Semen Tonasa bersama kaum muslimin dan muslimat warga sekitar perusahaan, tampak berjalan penuh bahagia menuju tempat salat untuk merayakan salah satu hari raya umat Islam ini.

Pelaksanaan Salat Idul Adha 1444 H di PT Semen Tonasa berjalan khidmat, tertib, aman dan lancar. Bertindak selaku khatib DR. K.H. Baharuddin Abdul Al-Shafa, M.A., dan sebagai imam Ust. Wahyu Irfandi Ilyas.

Dalam khutbahnya, KH. Baharuddin HS mengajak kaum muslimin dan muslimat untuk meningkatkan ketakwaan kepada Allah dengan memurnikan tauhid, meningkatkan ubudiyah, serta meningkatkan pemahaman dan penghayatan terhadap makna-makna yang terkandung dalam amalan-amalan ibadah yang dilaksanakan, agar berhasil mempertahankan gelar muttaqin yang pernah diraih saat bulan puasa yang lalu.

"Menyembelih binatang kurban merupakan lambang dari perjuangan mengalahkan nafsu hewani yang melekat pada diri kita, khususnya nafsu mencintai harta. Nafsu ini mendorong manusia bersifat individualis dan egois. Nafsu ini mendorong manusia hanya memikirkan kepentingan diri sendiri. Nafsu ini menghalangi manusia untuk mengeluarkan hak-hak fakir miskin, menghalangi manusia untuk mengurbankan harta demi kepentingan masyarakat dan demi kepentingan agama. Orang tidak akan mudah mengeluarkan dan mengorbankan miliknya sebelum ia dapat mengalahkan nafsu ini." lanjutnya.

  • Bagikan