BPJS Ketenagakerjaan Gandeng Unhas Sosialisasikan Jaminan Sosial

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR-- Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenakerjaan menggandeng Unhas melakukan sosialisasi jaminan sosial. Hal terlihat dari adanya kerjasama KKN Unhas gelombang 110 Tematik BPJS Ketenagakerjaan.

Direktur umum dan SDM BPJS Ketenagaankerjaan, Abdur Rahman Irsyadi mengatakan program kerjasama BPJS Ketenagakerjaan bekerjasama dengan Unhas. Kerjasama KKN Tematik ketenagaan kerjaan tersebut merupakan yang pertama di Indonesia.

Sebanyak 190 mahasiswa KKN Unhas nantinya akan memberikan pemahaman kepada masyarakat terkait jaminan sosial. Fokusnya akan menyasar pekerja bukan pemerima upah. Diantaranya petani, buruh, pemulung, nelayan, dan lainnya.

"Mahasiswa nantinya akan melakukan sosialisasi kepada masyarakat yang belum paham akan manfaat dan pentinya BPJS Ketenagakerjaan. Unhas ini baromoter di Timur Indonesia," kata Abdur Rahman Irsyadi setelah pembekalan di Gedung Ipteks Unhas, Kamis, 6 Juli.

Lebih lanjut Abdur Ramhan menuturkan nantinya mahasiswa KKN Unhasi ini akan menjadi agen yang menjelaskan tentang jaminan sosial BJPS Ketenagakerjaan. Pihaknya kini sedang mengkampanyekan ayo sertakan, ayo lindungi pekerja sekitar Anda.

Untuk nilai keikutsertaan BPJS Ketenagakerjaan sangat terjangkau. Dengan Rp16.800 perbulan untuk dua program, yakni perlindungan kecelakaan kerja dan kematian. Sedangkan Rp20 ribu untuk jaminan hari tua.

"Untuk Rp20 ribu ini bisa dicairkan nantinya," akunya.

Kepala kantor BPJS Kesehatan Makassar, Ishak menjelaskan setiap peserta yang dimasuk oleh KKN akan diberikan salary. Nilainya minimimal Rp10 ribu per peserta. Nantinya mahasiswa bisa pengussa mandiri dari awal.

  • Bagikan