Operasi Patuh 2023: Pelanggar yang Memicu Kecelakaan Bakal Langsung Tilang, Termasuk Knalpot Brong

  • Bagikan
Kasat Lantas Polres Pelabuhan Makassar AKP Muh. Ali

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR -- Kasat Lantas Polres Pelabuhan AKP Muh. Ali menyebut, pada Operasi Patuh Pallawa 2023 pihaknya fokus memberikan edukasi terhadap pengguna jalan.

Namun demikian, ditegaskan Ali, pihaknya tidak segan-segan akan menindak atau memberikan sanski tilang jika ada pengguna jalan yang melanggar dan memicu terjadinya kecelakaan.

"Upaya terakhir yang kami lakukan, bilamana pelanggaran yang secara kasat mata itu bisa menimbulkan kecelakaan, nah itu bisa," tegas Ali saat ditemui fajar.co.id di Pos Lantas Jalan Nusantara, Selasa (11/7/2023).

Selain itu, yang menjadi atensi dikatakan Ali para pengguna knalpot brong. Mereka ini dia sebut menggunakannya untuk balapan liar.

"Itu juga sasaran. Dari dulu. Kalau kita menemukan kita langsung tahan, tidak ada lagi kebijakan-kebijakkan kalau knalpot brong. Langsung tilang," kuncinya.

Ali mengatakan, penggunaan helm menjadi pelanggaran paling menonjol selama menggelar operasi patuh dilaksanakan pada 10 Juli 2023.

"Di jalan banyak pelanggaran kasat mata yang kita dapatkan, termasuk pemakaian helm. Yang paling menonjol, pelanggaran dengan penggunaan helm bagi pengendara motor," ungkapnya.

Tambahnya, pada hari-hari pertama pihaknya memberikan pemahaman terhadap pengguna jalan. Memberikan edukasi dengan mensosialisasikan hal-hal yang kewajiban para pengguna jalan.

Ali menyebut, pihaknya melakukan operasi tersebut di beberapa titik yang biasanya banyak pelanggar lalulintas. Termasuk di wilayah Pasar Butung dan Sentral Makassar Mall. (Muhsin/fajar)

  • Bagikan