Prof Darwis: Bukti Nyata Potensi Kerja Sama Internasional Pemerintah Daerah itu Besar

  • Bagikan
IST

Melalui kegiatan ini, tim pelaksana menyajikan tiga materi kepada peserta. Materi pertama dibawakan oleh Prof. H. Darwis, MA., Ph,D dan Drs. Munjin Syafik Asy'ari, M. Si dengan judul Globalisasi, Otonomi Daerah, dan Pembangunan Daerah sebagai pengantar pada bimtek ini. Kemudian, pemberian materi dilanjutkan oleh Bapak Ishaq Rahman, S.IP., M.Si dengan membawakan materi terkait Kerja Sama Luar Negeri oleh Pemerintah Daerah dan Pengantar Keprotokoleran.

Selama berjalannya kegiatan, antusias luar biasa diberikan oleh peserta melalui sesi diskusi. Salah satu peserta, Pak Samsir dari Sekretaris Dinas Pariwisata Kabupaten Pangkep, merupakan salah satu yang paling aktif dalam memberikan pertanyaan, tanggapan, dan pendapat terkait materi yang dibawakan.

Dia juga menyampaikan tentang harapan terkait pengembangan potensi pariwisata melalui kerja sama luar negeri oleh Pemerintah Kabupaten. Pertanyaan-pertanyaan dari peserta lain juga muncul seputar tata cara melakukan hubungan internasional oleh pemerintah daerah di berbagai bidang, seperti pariwisata, pendidikan, dan lain-lain. Di penghujung acara tim pengabdian dan peserta mendiskusikan terkait rencana tindak lanjut agar bimbingan teknis ini tidak hanya sekedar diskusi, namun dapat diimplementasikan di masa depan. (rls)

  • Bagikan