Kembali ke Galesong, Mukhtar Tompo Ternyata Inisiator Bantuan Konverter Kit untuk Nelayan

  • Bagikan

Salah satu tokoh nasional asal Sulawesi Selatan yang mengembangkan teknlogi ini bersama-sama Mukhtar Tompo hingga di DPR RI adalah Dr. Muhammad Ilyas, ST, M.Sc, saat ini menjabat kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Sulawesi Selatan. Salah satu jebolan terbaik Habibie Center dan BPPT tersebut, banyak berinteraksi dengan Mukhtar Tompo dalam mengembangkan teknologi perikanan terbaik untuk masyarakat pesisir, di antaranya masyarakat Galesong yang sangat terkenal hingga ke mancanegara sebagai nelayan tangguh, termasuk penghasil telur ikan terbaik.

Dalam silaturrahmi Mukhtar Tompo di Galesong, yel-yel “MT Is Back” menggema di lokasi kunjungan tersebut.

Herman Daeng Tunru menuturkan, “Haji Mukhtar Tompo itu orang baik. Dan sudah terbukti kerjanya. Kami merasakan langsung waktu beliau di DPRD Provinsi dan DPR RI. Tidak ada yang berubah. Mudah dihubungi. Mudah ditemui. Tidak banyak janji, tapi banyak bukti. Silakan tanyakan masyarakat yang lain, agar jangan dikira saya saja yang bilang begitu”.

Di lokasi industri telur ikan itu, Mukhtar Tompo berinteraksi langsung dengan pekerja yang mayoritas ibu rumah tangga. Informasi dari Daeng Tunru, bukan hanya Jepang, ekspor telur ikan juga ke Korea dan Rusia.

“InsyaAllah ini akan jadi brand tersendiri untuk industri telur ikan Galesong. Kita perlu memperjuangkannya menjadi lebih baik, kualitas lebih baik, dan menembus pasar global lebih besar," tutur MT, sapaan akrabnya sembari menikmati masakan lezat berbahan dasar telur ikan.

Beberapa pekan sebelumnya, Mukhtar Tompo, juga menerima undangan dari tokoh masyarakat di Galesong Utara, diterima langsung di rumah H. Hatibu Daeng Lira dan Bapak Zaenal Daeng Sila di Desa Tamalate, Kecamatan Galesong Utara. Keduanya mewakili masyarakat menyampaikan beberapa persoalan yang urgen diperhatikan dan dicarikan solusinya.

  • Bagikan