Icraft – Land4Lives Bersama Pemprov Fokus Pertumbuhan Ekonomi Hijau di Sulsel

  • Bagikan

Menurutnya, sudah menjadi kewajiban bagi para pemangku kepentingan untuk memikirkan sebuah konsep kebijakan transformasi ekonomi dengan cara mengadopsi konsep ekonomi hijau yang mampu mensinergikan pertumbuhan ekonomi dengan keterbatasan sumber daya alam.

“Melalui perencanaan yang baik, Sulawesi Selatan akan mampu mencapai target pertumbuhan ekonomi hijau dan bisa menentukan langkah dan strategi pencapaian indeks pertumbuhan ekonomi hijau melalui penyusunan masterplan dan roadmap, sehingga dapat menjadi teladan dan memberikan kontribusi yang signifikan terhadap upaya mencapai Sustainable Development Goals (SDG’s) bagi provinsi-provinsi lain di Indonesia,"ujarnya.

Saat ini, Pemerintah Sulawesi Selatan telah memperlihatkan komitmen dan inisiatif untuk mengambil peranan dalam mencapai Pertumbuhan Ekonomi Hijau. Inisiatif tersebut ditunjukkan dalam visi Sulawesi Selatan menjadi provinsi terkemuka di Indonesia dengan pendekatan kemandirian lokal yang bernafaskan keagamaan, yang dipertegas dalam misi mewuj udkan Sulawesi Selatan sebagai satu kesatuan sosial-ekonomi yang berkeadilan.

Misi tersebut mencakup upaya -upaya pokok dalam penataan ruang, termasuk di antaranya pengelolaan lingkungan hidup dan hutan.Dalam upaya mendukung inisiatif ini, pembangunan ekon omi hijau Sulawesi Selatan ini mencakup upaya untuk meningkatkan produksi sektor pertanian dan kehutanan dengan tetap melindungi dan memulihkan hutan melalui penguatan kemitraan antara sektor swasta, mitra pembangunan, Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM), pemerhati konservasi, dan masyarakat sipil.

  • Bagikan