Rekayasa Lalu Lintas dan Ganjil Genap  Selama KTT ASEAN, Pelayanan Publik Tetap Normal

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, JAKARTA— Kementerian Perhubungan sudah menyiapkan rekayasa lalu lintas dan ganjil genap selama penyelenggaraan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Ke-43 ASEAN di Jakarta pada 5-7 September 2023 mendatang. Di satu sisi, masyarakat tetap dapat mengakses layanan publik, namun diharapkan dapat mengurangi mobilitas selama periode tersebut.

Demikian dikatakan Juru Bicara Kementerian Perhubungan (Kemenhub) RI, Adita Irawati  dalam diskusi bertajuk “Road to ASEAN Summit 2023: Kesiapan Venue & Transportasi KTT ke-43 Asean” yang digelar Forum Merdeka Barat 9 (FMB9)pada Jumat, 25 Agustus 2023.

Adita menjelaskan Kemenhub bersama kementerian dan lembaga lainnya, termasuk Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya, hingga Kementerian Sekretaris Negara telah intens berkoordinasi untuk memastikan penyelenggaraan KTT ASEAN dapat terlaksana dengan baik. Hal itu dimulai pengaturan kedatangan para delegasi di bandara hingga mobilitas dan konektivitas para anggota delegasi selama KTT ASEAN. 

“Kami sudah mengatur dan intens berkoordinasi dengan kementerian dan lembaga lain yang terkait. Juga rekayasa lalu lintas yang mungkin nanti dilakukan, seperti penerapan ganjil genap, kemudian rekayasa lalu lintas terencana atau apabila harus diadakan diskresi, ini banyak perannya nanti di bawah otoritas Polda Metro Jaya,” jelas Adita.

Dia menjelaskan rekayasa lalu lintas pada saat penyelenggaraan KTT ASEAN tidak hanya yang sudah ditetapkan untuk ruas-ruas tertentu, namun juga dapat bersifat situasional, tergantung pada perkembangan situasi yang mungkin terjadi pada hari pelaksanaan.

  • Bagikan