Tim FMIPA UNM Lakukan Pengabdian Masyarakat, Ajarkan Literasi Data di Desa Manimbahoi

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID,GOWA — Tim Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) Universitas Negeri Makassar (UNM) melaksanakan Pemberdayaan Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) di Desa Manimbahoi, Kecamatan Parigi, Gowa.Tim ini terdiri dari Dosen dan Mahasiswa Program Studi Statistika FMIPA.

Kegiatan yang dihelat Rabu 6 September 2023 tersebut bertajuk: “Edukasi Literasi Data dalam Meningkatkan Perekonomian dan Pelayanan Administrasi Berbasis Digital di Desa Manimbahoi”.

Ketua Pelaksana Pengabdian Ansari Saleh Ahmar mengatakan, kegiatan pengabdian kepada masyarakat merupakan bagian dari salah satu Tridharma Perguruan Tinggi.

"Kegiatan ini penugasan dari DRTPM Kemdikbudristek, salah satu bentuk pengabdiannya yaitu edukasi literasi data pada masyarakat desa dan aparat desa" katanya.

Dalam pemaparannya, Zulkifli Rais yang merupakan narasumber mengatakan bahwa hasil data sensus dilakukan oleh mahasiswa ini akan berguna nantinya dalam pengambilan kebijakan dan program kerja desa, misalnya dengan adanya data sensus, maka dapat dideteksi masyarakat yang memang berhak memperoleh bantuan dari desa atau tidak.

Kegiatan ini dihadiri oleh berbagai pihak, termasuk Kepala Desa, Sekretaris Desa, Ketua dan Anggota BPD, Aparat Desa (Kepala Dusun/Staf Desa), dan warga masyarakat Desa Manimbahoi. Ini merupakan langkah nyata menuju perubahan yang berkelanjutan dalam upaya peningkatan literasi di desa ini.

Dalam sambutannya, Sekretaris Desa yang mewakili Kepala Desa mengatakan bahwa pihak desa berterima kasih dan mengapresiasi Tim Pengabdi dan mahasiswa Program Studi Statistika FMIPA UNM karena telah membantu Desa dalam pendataan dan penginputan data SGDs serta sensus data desa yang terutama mengenai edukasi literasi bagi masyarakat.

  • Bagikan