Pj Ketua Dekranasda Sulsel Dorong Produk Kerajinan UMKM Lebih Variatif dan Kreatif

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, JAKARTA - Sejumlah produk UMKM dari Kabupaten/Kota se Provinsi Sulawesi Selatan dipamerkan dalam Pameran Kerajinan Nusantara (Kriyanusa) Tahun 2023.

Di stand Dekranasda Sulsel, sejumlah produk dari 21 Kabupaten/Kota dipamerkan. Adapula stand dari Kota Makassar, Kabupaten Bulukumba, dan Kabupaten Luwu Timur.

Pj Ketua Dekranasda Provinsi Sulawesi Selatan, Sofha Marwah Bahtiar menyampaikan, "sejumlah produk unggulan UMKM dari Provinsi Sulawesi Selatan kita pamerkan dalam pameran KriyaNusa ini," kata Sofha.

Dirinya berharap, produk kerajinan di Sulsel terus berkembang dan maju lagi, termasuk dalam lebih kreatif dan berinovasi. "Misalnya, pada kerajinan tenun. Di Sulsel, memiliki beragam tenun, ada dari Sengkang, Toraja, dan Bulukumba. Tenun dari Sulsel sudah bagus sekali. Namun kita perlu meningkatkan kolaborasi dan inovasi. Misalnya bisa dilakukan menggabungkan motif tenun dari Bulukumba dan tenun Toraja. Lebih berkreasi lagi," jelasnya.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Sulsel, Ahmadi Akil menyampaikan, bahwa Dekranasda Sulsel telah melakukan kurasi terhadap sejumlah produk yang dipamerkan.

"3 Kabupaten/Kota hadir (stand). Dekranasda Sulawesi Selatan hadir untuk mengakomodir sejumlah produk unggulan dari masing-masing Kabupaten/Kota," jelasnya.

Sejumlah produk yang dipamerkan ini pun, merupakan produk kerajinan tangan UMKM dari masyarakat Sulawesi Selatan.

Diketahui, Pameran kerajinan nusantara ini digelar di Jakarta Convention Center, pada Rabu 13 sampai dengan hari Minggu 17 September 2023.

  • Bagikan