Jaga Lingkungan, Nelayan Ganjar Ajak Pemuda Pesisir Makassar Gotong Royong Bersihkan Pantai

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR - Komunitas Nelayan Pesisir (KNP) Sulawesi Selatan sebagai sukarelawan pendukung Ganjar Pranowo kembali meneruskan program bermanfaatnya untuk masyarakat pesisir.

Pada Minggu (17/9), relawan ini menggandeng puluhan pemuda dan milenial untuk melakukan aksi gotong royong membersihkan Pantai Tanjung Bayang di Kelurahan Tanjung Merdeka, Kecamatan Tamalate, Kota Makassar, Sulawesi Selatan.

Koordinator Wilayah Komunitas Nelayan Pesisir Sulsel, Indra Gunawan mengatakan bahwa kegiatan ini dilaksanakan sebab pihaknya memantau peningkatan jumlah sampah di Pantai Tanjung Bayang seiring bertambahnya jumlah wisatawan yang datang ke sana.

"Untuk di Tanjung Bayang ini, salah satu tempat wisata di Makassar yang terkenal akan pantainya. Namun seiring perkembangan waktu, wisatawan semakin banyak dan sinkron dengan peningkatan jumlah sampah," jelas Indra.

Anak-anak muda bersama relawan tampak semangat saat memungut berbagai jenis sampah di sepanjang bibir Pantai Tanjung Bayang. Melawan teriknya cahaya matahari, mereka tetap teguh menyusuri area pantai untuk mengambil sampah yang ada.

Lewat aksi ini, Indra berharap agar bisa menanamkan rasa kepedulian terhadap masyarakat agar lebih peduli lingkungan pesisir dengan tidak membuang sampah sembarangan.

Selain itu, dengan bersihnya Pantai Tanjung Bayang dari sampah diharapkan mampu meningkatkan kenyamanan aktivitas masyarakat pesisir, sekaligus mendorong jumlah wisatawan yang datang.

"Jadi harapannya setelah teman-teman bersih-bersih pantai, masyarakat dan wisatawan yang hadir, secara tidak langsung bisa peka terhadap pentingnya membuang sampah pada tempatnya," harap Indra.

  • Bagikan