Pemkab Gowa Teken Kesepakatan Bersama Ekspor Langsung Makassar-Hongkong

  • Bagikan
Wakil Bupati Gowa Abd Rauf Malaganni bersama puluhan kepala daerah se Sulsel ikut menandatangani kerjasama dengan PT Rusky Aero Indonesia Raindo United Services. (foto/ist)

“Dengan adanya kerjasama ini kita berharap dapat menggeliatkan lagi produk-produk UMKM di Gowa. Kita akan mengekspor lagi produk unggulannya, ” kata Wabup Gowa usai penandatanganan.

Terpisah, Kepala Bidang Promosi dan Pengembangan Ekspor Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Gowa Hamriani Hamzah menjelaskan bahwa berbagai produk unggulan Kabupaten Gowa sudah menembus pasar dunia.

Produk unggulan Gowa itu antara lain getah pinus, telur ikan terbang, kopi luwak dan ikan asap.

Untuk getah pinus, kata Hamriani, hingga saat ini masih diekspor ke India, Rusia, China dan Malaysia. Sedangkan telur ikan layang dari Kecamatan Bontomarannu diekspor ke China dan Taiwan. Kopi luwak dari Kecamatan Tinggimoncong diekspor ke Singapura dan Hongkong serta ikan asap dari Kecamatan Barombong diekspor langsung ke Peru.

“Untuk kedepannya, produk markisa, sarabba dan madu akan didorong untuk mendapatkan buyer di Hongkong karena secara kemasan, uji laboratorium serta kontinuitas produksi sudah bagus dan memenuhi standar ekspor, ” kata Hamriani.

Pj Gubernur Sulsel Bahtiar Baharuddin pada kesempatan itu mengatakan, Makassar dulunya merupakan pusat dagang dunia sebelum kemerdekaan, sehingga melalui program ini dirinya akan menjadikan Makassar kembali sebagai pusat dagang dunia.

“Kondisinya kini terjadi kemunduran lantaran cukai dari Makassar cukup tinggi, makanya harus ada pusat perdagangan alternatif. Sehingga untuk merebut kejayaan itu kembali Pemprov Sulsel kembali menciptakan peluangnya, mengakses kembali jalur laut, darat dan udara,” kata Bachtiar.

  • Bagikan