Terungkap Jejak Kedekatan Istimewa IAS dengan Tarekat Khalwatiyah

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR -- Kedekatan mantan wali kota Makassar 2004-2014, Dr Ilham Arief Sirajuddin (IAS) dengan kelompok Tarekat Khalwatiyah Samman ternyata terbangun bukan karena IAS menjadi wali kota saja.

Kedekatan itu diwariskan langsung oleh ayah IAS, H Arief Sirajuddin. "Jadi kalau tercermin sekarang ada kedekatan istimewa antara IAS dengan keluarga besar Khalwatiyah Samman di mana pun berada, itu karena kedekatan yang sudah terbangun antara ayah Pak IAS (Arief Sirajuddin--red) dengan keluarga besar Khalwatiyah Samman," ujar Mursyid Tariqat Khalwatiyah Samman, Andi Wahyuddin Malik Puang Ayyud, saat menjamu IAS di Pattene, Kamis malam, 5 Oktober 2023.

Di era pertengahan 1970 dan 1980-an, Arief Sirajuddin begitu sering masuk ke kampung Pattene menemui Andi Sajaruddin Malik (Puang Tompo), ayah Andi Wahyu yang juga adalah mursyid Khalwatiyah Samman Maros sebelumnya.

"Wajar sekali mereka dekat karena mereka sempat sama-sama di DPRD Sulsel. Saya bahkan masih ingat sekali ada foto kenangan Pak Arief Sirajuddin sedang duduk-duduk santai dengan Andi Oddang dan Puangku. Sayang saya lupa foto itu disimpan di mana," terang Andi Wahyu disaksikan sejumlah khalifah seperti Dr Ruslan MA, serta sejumlah khalifah dari daerah lain.

IAS sengaja hadir ikut menyambut sejumlah jemaah yang berdatangan dari berbagai daerah. IAS tidak bisa hadir di acara puncak pada hari Jumat ini dikarenakan agenda yang sudah terjadwal di Kalimantan. Saat tiba, lokasi Pattene sedang kena pemadaman bergilir.

"Semoga pada hari dan malam puncak, PLN memberi keringanan agar perayaan maulid tidak alami pemadaman Bergilir?", harap IAS.

  • Bagikan