Luncurkan PTO PPM-Dukungan SDGs, PT Vale Dukung Pembangunan Berkelanjutan di Desa

  • Bagikan

“Gagasan SDGs Desa yang dicanangkan Pemerintah Pusat sejalan dengan misi perseroan, mengubah sumber daya alam untuk kesejahteraan dan pembangunan berkelanjutan. Bersama. Tentu ini menjadi modal penting kemitraan yang berkelanjutan ini kedepannya,” jelasnya.

Pada kesempatan tersebut, Endra Kusuma juga menyampaikan realisasi anggaran PKPM diantaranya dialokasikan kurang lebih 111 jenis kegiatan/proyek infrastruktur sosial ekonomi kawasan yang tersebar di 10 kawasan.

Sebanyak 60 badan usaha swasta lokal dan BUMDES/BUMDESMA turut menjadi pelaksana kegiatan.

Berdasarkan sektor, lebih dari 40% merupakan asset yang menunjang bidang pertanian, sekitar 50% merupakan infrastruktur publik dan ruang bagi UKM, dan sisanya merupakan infrastruktur penunjang pariwisata.

“Pada praktiknya saat ini telah banyak BUMDESMA yang membangun kemitraan berjejaring dengan Bumdes-Bumdes, bahkan telah bermitra dengan pelaku usaha lainnya dalam pengembangan UMKM dan ekonomi kreatif, beberapa diantaranya telah membagikan bagi hasil usaha ke Desa” ujarnya.

Endra menyebutkan, memang sama disadari bahwa belum semua asset dan fasilitas kawasan tersebut telah termanfaatkan dengan baik. Untuk itu, semua pihak masih mempunyai tugas dan tantangan pada penyelesaian status asset, pengelolaan dan terutama pada pemeliharaan dan pemanfaatannya secara berkelanjutan.

“Kami berharap, dukungan program ini dapat bermanfaat bagi percepatan pencapaian tujuan SDGs Desa sebagai upaya terpadu pembangunan desa dan pemberdayaan masyarakat. Karena pencapaian tujuan-tujuan SDGs Desa tersebut mencerminkan perbaikan kesejahteraan bagi masyarakat di wilayah pemberdayaan kami dan tentu saja berdampak strategis bagi pembangunan daerah Luwu Timur yang "inspiring" ungkapnya.

  • Bagikan