Lewat Perda Penyelenggaraan Bantuan Hukum, Sekretariat DPRD Makassar Tekankan Pendampingan Hukum Bisa Diakses Siapa Saja

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID,MAKASSAR — Sekretariat Dewan DPRD Makassar melakukan sosialisasi Penyebarluasan Peraturan Daerah (Perda) Nomor 7 Tahun 2015 tentang Penyelenggaraan Bantuan Hukum. Berlangsung di Favor Hotel, Makassar, Senin 9 Oktober 2023.

Sosialisasi tersebut dihadiri tiga narasumber. Di antaranya Muh. Ichsan As’Syari, Arif, dan Puspita Hargono. Dimoderatori Raul Ibnu Munsir.

Ichsan mengatakan, Peda Nomor 7 Tahun 2016 tentang Penyelenggaran Bantuan hukum tersebut adalah instrumen memastikan tiap orang bisa mengakses hukum. Terkhusus warga Makassar..

“Ini dalam rangka mewujudkan keadilan bagi warga kota Makassar, dalam mendapatkan hak menerima dan diberlakukan secara sama di mata hukum,” kata Ichsan dalam pemaparan materinya.

Ichsan menjelaskan, warga kerap dilanggar hak-haknya, namun tidak sadar. Ada pula yang sadar tapi tidak bisa mengakses pendampingan hukum untuk memperjuangkan haknyaa.

“Memerhatikan hal demikian, Pemkot Makassar menginisiasi Perda Bantuan Hukum dan disahkan oleh DPRD Makassar pada 2015,” jelasnya.

Perda tersebut, kata Plt Kabag Humas dan Protokol Sekretariat DPRD Makassar itu, memungkinkan masyarakat mengakses hukum secara cuma-cuma. Tidak menggelontorkan dana sepeser pun.

“Apabila masyarakat kita yang tidak punya kemampuan, secara materi kurang dan sedang menghadapi hukum, itu bisa dibantu,” terangnya.

Prosedurnya pun, kata Ichsan tidak sulit. Hanya mengajukan pernohonan tertulis kepada pejabat tertuju. Dilengkapi dengan syarat administratif.

“Foto copy KTP, Foto Copy KK, dan surat keterangan tidak mampu,” ujarnya.

  • Bagikan