Pj Bupati Takalar serahkan Bantuan Sarana dan Prasarana Budidaya Rumput Laut kepada Masyarakat Marbo

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID -- Bertempat di Desa Punaga Kec. Mangarabombang Kab. Takalar, Pj. Bupati TakalarĀ  Dr. Setiawan Aswad, M. Dev. Plg didampingi Pj. Ketua TP. PKK Kab. Takalar menyerahkan bantuan Sarana dan Prasarana Budidaya Rumput Laut kepada Masyarakat Mangarabombang, Kamis 19 Oktober 2023.

Dalam sambutannya Pj. Bupati mengatakan bahwa keberadaan takalar sebagai salah satu produsen rumput laut terbesar di Sulsel, tentunya menjadi sebuah peluang untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat.  bantuan ini merupakan stimulan bagi masyarakat untuk mengembangkan usahanya sehingga dapat meningkatkan nilai produksi budidaya.

Untuk diketahui, Kabupaten Takalar Memiliki Panjang Garis Pantai Ā± 74 Km dan memiliki 7 Kecamatan merupakan kawasan Pesisir dimana sebagian besar masyarakatnya adalah petani rumput laut.

"Total Luas Kawasan Budidaya (Existing) di Kec. Mangarabombang adalah 2.110,5
Ha terbagi atas Luas Lahan tambak Kec. Marbo yaitu 730,25 Ha, dan Luas Lahan Rumput Laut Kec. Marbo yaitu : 1.380,3 Ha 40% dari luas keseluruhan Kabupaten Takalar. Dan total Luas keseluruhan kawasan budidaya di Kab. Takalar adalah 7.584,48 Ha yang terbagi atas Luas lahan budidaya Tambak Sederhana yaitu 3.979,3 Ha dan luas lahan budidaya Rumput Laut yaitu 3.400 Ha" jelasnya.

Ia pula menyampaikan penyerahan bantuan ini sebagai wujud komitmen pemerintah dalam mengembangkan masyarakat pesisir diwilayah Kab. Takalar. Upaya Pemerintah Daerah dan Desa tentu sangat menginginkan adanya peningkatan ekonomi dimasyarakat. Serta adanya kemandirian dalam melakukan kegiatan usaha yang tidak bersifat merusak lingkungan (destruktif) atau yang lebih kita kenal Ekonomi Biru Berkelanjutan (Sustainable Blue Economy).

  • Bagikan