Masyarakat Antusias Saksikan Pagelaran Seni Tradisional Ala Gerakan Pemuda dan Perempuan Gowa Dukung Ganjar

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, GOWA- Masyarakat Desa Pangkabinanga, Kecamatan Pallangga, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan menyambut antusias pagelaran seni yang dihelat sukarelawan Gerakan Pemuda dan Perempuan Gowa.

Pertunjukan yang digelar Sabtu (21/10/2023) malam itu dibanjiri oleh ratusan penonton yang sudah berbondong-bondong datang jauh sebelum acara dimulai.

Korwil Gerakan Pemuda dan Perempuan Gowa Daeng Bella mengatakan, momentum ini sebagai upaya untuk merawat eksistensi budaya agar tetap lestari sepanjang masa.

Bertajuk "Nakku' Ri Pangngadakkang" yang bermakna rindu akan kebudayaan, pertunjukan tersebut pun berhasil memukau para penonton dan makin meningkatkan rasa cinta mereka terhadap keragaman budaya bhinneka tunggal ika.

"Antusias masyarakat pada kegiatan kali ini sangat antusias, dua jam sebelum dimulai masyarakat sudah berdatangan berbondong-bondong, banyak yang datang," ujar Daeng Bella.

Di bawah langit malam, pelbagai tarian tradisional Bugis-Makassar disuguhkan seperti tarian aru tubarania, tari padduppa, pakarena, pepe' pepeka ri makka, pakacaping, dan dimeriahkan penampilan rampak gendang.

Seketika suasana keheningan malam di desa itu pun pecah dan berubah menjadi keramaian musik tradisional yang saling bersahutan. Kerlap kerlip lampu menghiasi setiap sudut area panggung yang dipenuhi oleh ratusan penonton.

"Tujuannya adalah bagaimana kaum milenial lebih peduli terhadap tradisi. Lewat momentum ini juga kami mensosialisasikan Pak Ganjar dan Mahfud MD, sosok yang peduli kepada masyarakat menengah ke bawah dan kemudian sosok yang sangat peduli terhadap tradisi dan budaya lokal," jelas Daeng Bella.

  • Bagikan