Mappalili, Bupati Barru Ajak Warga Jaga Ketahanan Pangan

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, BARRU-Acara turun sawah hari ini merupakan hasil musyawarah Mappalili musim tanam tahun ini di tingkat Kecamatan Balusu, Dusun Lapao Kecamatan Balusu Senin (23/10/2023).

Dengan Tema Wujudkan Pola Tanam Produktif Sebagai Gerakan Pencapaian Ketahanan Pangan di Kabupaten Barru Sulawesi Selatan.

Dalam sambutannya Bupati Barru, Ir. H. Suardi Saleh, M. Si menyampaikan bahwa Acara turun sawah yang kita laksanakan hari ini tentunya merupakan kesepakatan bersama pada Musyawarah Mappalili tingkat desa sebelumnya, olehnya baik petani maupun kelompok tani agar selalu mengedepankan mupakat dalam hal kegiatan apapun persoalan sawah.

Mappalili adalah upacara adat yang diadakan setiap satu kali setahun. Acara tersebut dilaksanakan saat memasuki musim tanam padi. Mappalili menjadi acara ritual adat yang masih dipertahankan hingga saat ini.

Kondisi saat ini diperkirakan masih dipengaruhi musim kemarau yang berkepanjangan akibat dampak dari fenomena alam El Nino sehingga mengurangi ketersediaan air untuk lahan pertanian.

"Kita jangan pernah berputus asa, kita harus berusaha dan berdoa. Mudah mudahan dengan kita mencangkul hujan akan turun, " Ungkap Bupati.

Bupati yang dijuluki pemimpin tanpa sekat itu mengatakan salah satu faktor keberhasilannya pertanian kita adalah kekonsistenan kita terhadap hasil mapalili. Bagaimana kita melaksanakan kesepakatan yang kita tetapkan dalam mapalili. Kapan mulai turun tanam, varietas apa yang disepakati, bagaimana pemupukan berimbang.

Bupati Suardi Saleh berharap para petani, gapokta , kelompok wanita tani tolong dengarkan kata penyuluh, BPP, BPK, dan harus turun aktif mendampingi petani. InsyaAllah kita akan koordinasikan dengan BMKG kapan kira kira hujan akan turun.

  • Bagikan