Sekretaris Disbudpar Sulsel Ungkap Pentingnya Peran Museum dalam Pelestarian Kebudayaan

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR -- Sekretaris Dinas Kebudayaan dan Kepariwisataan Provinsi Sulsel Andi Munawir menyebut, Indonesia memiliki banyak museum yang perlu dijaga dan dilestarikan.

Dikatakan Munawir, museum yang tersebar di Indonesia ada yang dikelola pemerintah pusat, pemerintah daerah, lembaga swasta hingga individu.

"Koleksi yang dipamerkan di dalamnya merupakan kebudayaan bangsa Indonesia yang perlu kita jaga dan lestarikan," ujar Andi Munawir saat membuka Workshop konservasi Museum di Benteng Fort Rotterdam, Kamis (9/11/2023).

Munawir mengatakan, peran museum menjadi hal yang sangat penting dalam menyelamatkan dan menyimpan benda peninggalan sejarah bangsa indonesia.

"Museum menjalankan dua fungsi utama yaitu sebagai tempat pelestarian budaya dan sumber informasi budaya," Munawir menuturkan.

Tambahnya, museum didirikan dengan tujuan untuk menciptakan suatu lembaga yang melakukan pelestarian warisan budaya.

"Melestarikan fisik benda dan melestarikan makna yang terkandung di dalam benda koleksi berupa nilai dan norma," ucapnya.

Dia melihat, museum tidak dapat dipisahkan dari koleksinya. Sebuah daya tarik bagi masyarakat dalam proses pembelajaran warisan budaya.

Maka dari itu, kata Munawir, koleksi museum perlu mendapat perlakuan yang terarah dan terkendali.

"Benda-benda yang disimpan sebagai koleksi di museum mengandung nilai yang luhur dalam berbagai aspek seperti budaya, sosial, arkeologi, sejarah ilmu pengetahuan dan teknologi serta ekonomi," tukasnya.

Maka dari itu, Munawir berpandangan, koleksi museum dapat difungsikan sebagai sarana untuk menyelenggarakan pendidikan dalam suasana rekreasi masyarakat, khusunya generasi muda dalam rangka menanamkan nilai-nilai luhur budaya dan jati diri bangsa indonesia.

  • Bagikan