Aliyah Mustika Ilham: Layanan Kesehatan Primer Jaga Masyarakat Lebih Dekat

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR—Sebagai upaya transformasi pembenahan sistem kesehatan di Sulawesi Selatan, Aliyah Mustika Ilham, Anggota Komisi IX DPR RI gelar Advokasi dan Sosialisasi pelayanan kesehatan primer.

Bersama Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, kegiatan tersebut dilaksanakan di Gedung Graha Pena Makassar, Sabtu 11 November 2023.

"Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk berbenah untuk meningkatkan pelayanan kesehatan primer di Sulsel khususnya di Makassar,"jelas Aliyah Mustika.

Selain itu, bentuk transformasi layanan kesehatan primer lainnya adalah dengan memperkuat struktur pelayanan kesehatan primer melalui penguatan puskesmas, puskesmas pembantu, posyandu, serta jejaring layanan kesehatan lain di masyarakat.

"Untuk itu melalui sosialisai ini, diharapkan dapat menyampaikan informasi ke masyarakat jika layanan kesehatan primer ini dapat dijadikan layanan terdekat jika sakit," tutur Aliyah.

Aliyah juga berharap agar layanan kesehatan primer ini dapat bejalan maksimal sesuai fungsinya yakni untuk menjaga kesehatan masyarakat lebih dekat.

"Dalam hal ini, layanan kesehatan primer ini adalah salah satu tonggak layanan ke masyarakat," sebutnya.

Turut hadir, Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Kota Makassar, Sunarti S,ST, Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Sulsel, Ardodi S Farm, M.Kes dan Ketua Tim Kerja Standarisasi Klinis Pelayanan Kesehatan Primer Kemenkes RI, dr Upik Rukmini M.Km serta ratusan peserta dari berbagai kalangan masyarakat di Kota Makassar. (**)

  • Bagikan