165 Anak Peserta Didik RA Ikuti Manasik Haji Cilik di Asrama Haji Sudiang

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR - Sebanyak 165 anak peserta didik Raudhatul Athfal (RA) mengikuti Manasik Haji Cilik yang digelar di Asrama Haji Sudiang, Selasa, 14 November 2023, lalu.

Praktik diselenggarakan oleh Pimpinan Cabang Ikatan Guru Raudhatul Athfal (PC IGRA) Kecamatan Panakkukang-Manggala.

Ketua Pokjawas Kemenag Kota Makassar Dra. Istiqamah mengatakan kegiatan ini bertujuan untuk memperkenalkan rukun Islam yang ke-5 yaitu ibadah haji kepada anak usia dini.

Ia mengungkapkan, melalui praktik langsung ini akan memberikan gambaran secara langsung tentang tata cara pelaksanaan ibadah haji.

"Kami sangat mendukung penuh kegiatan ini karena merupakan implementasi dari pembelajaran yang diperoleh di RA-nya. Kiranya kegiatan seperti ini tetap berkelanjutan," harapnya.

Dalam acara ini, para murid diwajibkan menggunakan pakaian ihram bagi anak laki-laki dan busana Muslimah bagi anak perempuan. Pembimbing kegiatan praktik manasik haji cilik ini juga turut menggunakan pakaian ihram.

Pelaksanaan peragaan manasik haji cilik dimulai dengan tawaf, mengelilingi ka'bah sebanyak 7 kali. Lalu, Sa'i atau berlari-lari kecil bolak-balik dari bukit Shafa ke Marwah dan sebaliknya.

Kemudian ditutup dengan melontar jumrah sebanyak 7 kali pada masing-masing replika titik jumrah.

Kegiatan diakhiri dengan penyerahan sertifikat kepada masing-masing kepala madrasah oleh Pengawas Pembina atas partisipasinya dalam kegiatan tersebut. *

  • Bagikan