Masuk Nominasi ADWI 2023, Begini Keindahan Desa Wisata Rammang-Rammang Maros

  • Bagikan
ilustrasi Wisata Rammang-Rammang (IST)

Prasejarah berupa situs dan goa prasejarah, Wisata Minat Khusus (Bird Watching, Bat Watching, River Tour, Night Tour) dan Wisata Seni budaya di Kampung Massaloeng yang menambah daya tarik tersendiri. Berbagai kuliner dan kerajinan khas dari bahan alami lokal menambah potensi wisata Rammang-rammang.

Berbagai Penghargaan juga telah diraih salah satunya dalam ajang Kreatife Tourism World 2022 DEWI Rammang-rammang berhasil memenangkan 2 dari 3 kategori yang dipertandingkan yaitu kategori Digital dan Youth dan Wisata Dunia dalam penetapan UNESCO Geopark.

Direktur Tata Kelola Destinasi, Indra Ni Tua mengakui keindahan dan potensi yang dimiliki Desa Rammang-rammang. Menurutnya Desa itu bisa jadi lokomotif penggerak kebangkitan ekonomi dan pariwisata di Indonesia, khususnya di Sulsel pasca pandemi.

Karena itu, pihaknya menghadirkan ADWI agar menjadi daya bangkit bagi ekonomi desa dan sebagai wahana promosi untuk menunjukkan potensi desa-desa wisata di Indonesia kepada wisatawan domestik maupun wisatawan mancanegara, serta mendorong terciptanya lapangan kerja dengan community base tourism yang dapat membangkitkan pertumbuhan ekonomi desa.

"Selain itu, program inidapat menjaring database desa wisata baru dari pendaftaran di website jejaring desa wisata (Jadesta) yang merupakan website resmi yang dikembangkan oleh Kemenparekraf," katanya.

Setelah sukses di tahun 2021 dengan 1.831 peserta, meningkat tajam di 2022 dengan 3.419 desa wisata, dan di tahun 2023 ini menjadi 4.573 Desa
wisata terjaring dari Sabang sampai Merauke.

  • Bagikan