PKK Sulsel Pamerkan Produk Olahan Pisang, Peluang Bisnis yang Menjanjikan

  • Bagikan

"Kami targetkan, dua-tiga tahun ke depan menghasilkan 1 miliar pohon pisang di atas lahan seluas 500 ribu hektar. Insya Allah, jumlah ini akan mengantarkan Sulsel sebagai produsen pisang terbesar di Indonesia, bahkan dunia mengalahkan Kota Davao, Negara Filipina," ungkapnya.

Sementara, Pj Ketua TP PKK Sulsel, Sofha Marwah Bahtiar, mengapresiasi sejumlah produk olahan pisang yang menjadi inovasi TP PKK Sulsel. Mulai dari keripik pisang, puding pisang, hingga nasi goreng pisang.

"Ke depan, kita targetkan agar produk-produk olahan pisang ini bisa kita ekspor," kata Sofha Marwah.

Adapun juara pada Lomba Masak Olahan Pisang untuk Bisnis Kategori Live Cooking, Juara I, II, dan III masing-masing diraih Kabupaten Enrekang, Bulukumba, dan Bantaeng. 

Sedangkan Juara Harapan I, II, dan III secara berurut diraih Kota Palopo, Kabupaten Takalar, dan Sinjai.

Untuk Lomba Masak Olahan Pisang untuk Bisnis Kategori Ready to Eat, Juara I diraih Kabupaten Soppeng, disusul Juara II Kabupaten Maros dan Juara III Kabupaten Enrekang. 

Adapun juara Harapan I, II, dan III masing-masing diraih Kabupaten Gowa, Luwu Timur, dan Bone.

Pada Lomba Stand dan Presentase Olahan Pisang untuk Bisnis, Juara I diraih Kabupaten Enrekang, Juara II Kota Makassar, dan Juara III Kota Palopo. Jl

Juara Harapan I, II, dan III diraih Kabupaten Bulukumba, Sinjai, dan Bantaeng. Sedangkan Juara Favorite I, II, dan III diraih Kabupaten Maros, Bone, dan Takalar.

Tampil sebagai Juara Umum pada Gebyar Kreatifitas TP PKK dalam Pemanfaatan Pisang ini adalah Kabupaten Enrekang. (selfi/fajar) 

  • Bagikan