Siap Tindak Tegas Orang Asing, Imigrasi Polman Gelar Rakor dan Operasi Gabungan Jelang Pemilu 2024

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, MAMASA -- Menjelang Pemilu Tahun 2024, Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Polewali Mandar melaksanakan Rapat Koordinasi (Rakor) dan persiapan Operasi Gabungan Tim Pengawasan Orang Asing (Tim PORA) di Kabupaten Mamasa pada Rabu (6/12/2023).

Sebagai wadah pemersatu dari berbagai unsur Instansi terkait, Tim PORA berkewajiban untuk menjaga keamanan dan kedaulatan Negara terkait dengan keberadaan dan kegiatan orang asing di wilayah Republik Indonesia khususnya di wilayah kerja Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Polewali Mandar.

"Kami merasa perlu untuk dilakukannya Rakor Tim PORA ini apalagi sebentar lagi pesta demokrasi Indonesia yaitu Pemilu Tahun 2024 akan digelar. Hal ini guna antisipasi, deteksi dini serta cegah dini terhadap berbagai macam kerawanan yang mungkin terjadi, jika nantinya ditemukan ada orang asing yang melanggar aturan, kami siap tindak tegas," ucap Adithia P Barus selaku Kepala Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Polewali Mandar.

Ia menambahkan menjelang pemilu ini bisa saja ada orang asing yang terlibat kampanye politik, orang asing yang masuk dalam daftar pemilih, beredarnya berita-berita hoax yang melibatkan orang asing tentang pemilu serta hal lainnya yang dapat mengganggu keamanan jelang pemilu ini.

Bertempat di Aula Hotel Dian Satria Mamasa, Rakor Tim PORA ini mengusung tema "Pemilu Damai 2024" dan dihadiri oleh anggota Tim PORA Kabupaten Mamasa dari berbagai Instansi terkait.

Keesokan harinya, Kamis (07/12/2023), Tim PORA Kabupaten Mamasa melaksanakan Operasi Gabungan Pengawasan Orang Asing yang dipimpin langsung oleh Kepala Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Polewali Mandar.

  • Bagikan