Pemprov-Pemkot Siapkan Biaya Tak Terduga untuk Pemilu

  • Bagikan
Pj Gubernur Sulsel Bahtiar Baharuddin meninjau gudang logistik pemilu di Kota Makassar. (Dok Humas Sulsel)

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR -- Pemprov Sulsel dan Pemkot Makassar kompak menyiapkan Biaya Tak Terduga (BTT) dari APBD untuk kelancaran Pemilu 2024.

Pj Gubernur Sulsel Bahtiar Baharuddin, seusai melakukan peninjauan gudang logistik alat pemilu di Makassar mengatakan, Pemprov menyiapkan BTT dalam menyukseskan Pemilu. Utamanya, dalam pendistribusian alat peraga dan perlengkapan Pemilu. Nominalnya sendiri belum ia sampaikan.

"Kami prinsipnya Pemprov kemudian Forkopimda siap mendukung KPU apa kendalanya di lapangan kita pasti bantu, kami sudah menyiapkan BTT,” kata Bahtiar, Senin, 8 Januari.

Meski pemilu menggunakan dana APBN, kata dia, kendala yang dialami KPU selama penyaluran alat pemilu ke seluruh wilayah Sulsel tetap menjadi tanggung jawab pemprov juga. Ini merupakan komitmen Pemprov sejak awal dalam mengawal kesuksesan Pemilu 2024.

"Kalau misalnya mau digeser logistik ke lapangan ada kendala cuaca misalnya, kita bisa ya menggunakan alat-alat militer, kemudian alat-alat kepolisian, nah uangnya ya nanti kami siapkan,” imbuhnya.

Meskipun begitu, pemberian BTT harus melalui mekanisme. Permintaan harus dilakukan oleh pihak penyelenggara pemilu, yaitu KPU.

"Itu kita lakukan atas permintaan KPU, karena KPU sebagai penyelenggara dan harus dapat persetujuan dari Bawaslu,” terang Bahtiar.

Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto membeberkan, pemkot juga menyiapkan Dana BTT untuk mendukung mobilisasi alat pemilu, terutama di wilayah pulau.

“Di samping wilayah yang normal berjalan baik, emergensi juga harus disiapkan,” ucapnya. (uca/ham)

  • Bagikan