Musa Salusu Soroti Sektor Pariwisata Toraja, Banyak yang Harus Dibenahi

  • Bagikan
Pdt. Musa Salusu bersama Ketua Umum PMTI Mayjen (Purn) Yulius Selvanus Lumbaa & Sekjen PMTI Dating Palembangan

FAJAR.CO.ID, JAKARTA -- Calon Anggota DPD RI Pdt. Musa Salusu turut menghadiri acara puncak perayaan Natal Nasional Perhimpunan Masyarakat Toraja Indonesia (PMTI) yang dihelat di Jakarta Convention Center, Jumat (19/1/2024).

Tak kurang dari 1.600 warga Toraja, Sulawesi Selatan hadir menikmati kebersamaan, melebur tanpa sekat dan perbedaan.

Sebuah filosofi leluhur berbunyi begini: dimana bumi dipijak di sana langit dijunjung.

Musa Salusu yang juga Anggota Dewan Pembina PMTI mengungkapkan PMTI adalah wadah organisasi diaspora yang menghimpun komunitas asal Toraja Sulawesi Selatan memiliki anggota di seluruh Indonesia dan luar negeri.

Hampir di setiap provinsi, kabupaten dan kota telah terbentuk kepengurusannya.

"Di PMTI juga fokus dengan peningkatan kesejahteraan sosial, ekonomi masyarakat, dan dalam pembangunan nasional. Kami membangun sinergitas yang baik dengan pemerintah, baik pusat maupun daerah," kata Musa Salusu.

Yang tak kalah pentingnya kata Musa, PMTI juga memiliki peran penting dalam mempromosikan budaya dan pariwisata Toraja di tingkat nasional maupun internasional.

Menurutnya, salah satu potensi yang harus dimaksimalkan di Toraja adalah sektor pariwisata. Sektor ini diyakininya akan mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat Toraja, baik dari sisi ekonomi, lapangan kerja, hingga pamor di mata dunia.

Namun ia mencatat, banyak hal yang harus dibenahi pada sektor pariwisata Toraja, diantaranya adalah modernisasi fasilitas-fasilitas umum, lengkap dan memadai. Seperti rumah sakit bertaraf internasional.

  • Bagikan