Tegas, PLH Kepala Bappelitbangda Sulsel Tekankan Pentingnya Sinkronosasi dan Validasi Data Kinerja

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR— Pertemuan rapat sinkronisasi dan validasi data kinerja pembangunan merupakan pertemuan penting yang perlu didukung bersama, untuk mendukung penyelenggaraan pembangunan mulai dari perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi kinerja pembangunan

Berangkat dari hal tersebut, Badan Perencanaan, Pembangunan, Penelitian, dan Pengembangan Provinsi Sulawesi Selatan melalui Bidang Perekonomian dan SDA mengadakan Rapat "Sinkronisasi dan Validasi Data Capaian Tahun 2023", Rabu (31/01/2024).

Kepala Bidang Perekonomian dan SDA, Inyo, ST,. M.Eng dalam laporannya menyampaikan tujuan dari penyelenggaran kegiatan sinkronisasi dan validasi data.

"Pertemuan ini dilaksanakan dalam rangka menciptakan sinkronisasi dan validasi data-data kinerja pembangunan tahun 2023 yang merupakan data-data statistic dasar maupun statistic sectoral dari perangkat daerah yang akan nantinya diterbitkan oleh BPS baik dalam bentuk buku Sulsel dalam angka atau rilis BPS yang lainnya.

Salah satu permasalahan selama ini, ketika kita meminta data, selalu ada perbedaan data – data antara BPS dengan OPD oleh karena itu dengan di adakan rapat sinkronisasi dan validasi data-data kinerja tahun 2023 bisa menciptakan data yang lebih valid dan akuntabel," Lanjutnya.

PLH Kepala Bappelitbangda Prov. Sulsel, Ir. H. Andi Bakti Haruni, C.E.S dalam arahan dan sambuatannya menegaskan bahwa sinergitas data perlu di antisipasi dari awal.

"Terkait data mungkin angkanya sama tetapi melihatnya beda, Sebelum BPS merilis perlu diantisipasi lebih awal dan minimal OPD sudah memiliki definisi masing – masing," tegasnya.
Menurutnya, perbedaan data tidak masalah, yang terpenting data memiliki defenisi yang bisa di pahami.

  • Bagikan