Lapas Bulukumba Gelar Rehabilitasi dan Pelatihan Kemandirian WBP, Kanwil Kemenkumham Sulsel Hadir Memantau

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, BULUKUMBA -- Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Selatan yang diwakili oleh kabid Pelayanan Tahanan, Perawatan, Kesehatan, Rehabilitasi, Pengelolaan Barang Sitaan, Barang Rampasan Negara dan Keamanan, Surianto menghadiri Kegiatan Pembukaan Rehabilitasi dan Pelatihan Kemandirian WBP Tahun 2024 di Lapas Bulukumba, Selasa (20/2/2024).

Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan keterampilan dan pengetahuan dalam bidang pertukangan dan pengelasan kepada WBP agar mereka dapat hidup mandiri dan produktif setelah bebas dari masa hukuman. Dan terkait Rehabilitasi Sosial akan fokus pada mental WBP.

Kepala Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Bulukumba, Mut Zaini Pada Kesempatan ini menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan bagian dari upaya Lapas Bulukumba untuk mewujudkan pembinaan kemandirian dan Rehabilitasi bagi WBP.

"Kami ingin membantu WBP agar mereka tidak kembali lagi ke dunia kriminal setelah bebas nanti. Melalui kegiatan ini dapat menjadi bekal mereka untuk hidup mandiri dan dapat diterima kembali oleh masyarakat,"ungkap Kalapas Mutzaini

Kepala BNNP yang diwakili oleh Koordinator Bidang Rehabilitasi, Bambang Wahyudi mengaku senang melihat antusias para WBP yang mengikuti kegiatan rehabilitasi pada rutan dan lapas di Sulawesi Selatan.

Ia melanjutkan, Berdasarkan angka prevalensi penyalahgunaan narkotika 1,3 juta jiwa penduduk di Indonesia, sehingga menjadi perhatian khusus untuk dilakukan pencegahan dan memberdayakan para pecandu, melalui rehab sosial dan rehab medis.

  • Bagikan