Wawancara Kewarganegaraan: 2 Calon WNI asal Jepang Diuji Penguasaan Pancasila, Lagu Indonesia Raya, dan Bendera Merah Putih

  • Bagikan
Shota Otsuka dan Megumi Otsuka

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR -- Berikan pelayanan atas Permohonan Pewarganegaraan Republik Indonesia yang diajukan oleh para Warga Negara Asing (WNA), Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Selatan (Kanwil Kemenkumham Sulsel) melakukan wawancara kepada Calon Warga Negara Indonesia (WNI) di Ruang Law and Human Rights Center.

Wawancara ini dihadiri Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM (Kadivyankum HAM) Hernadi. Ia melayangkan berbagai pertanyaan kepada para pewarganegaraan dengan metode wawancara terhadap 2 (dua) WNA asal Jepang yaitu Shota Otsuka dan Megumi Otsuka. Adapun pertanyaan yang diajukan dalam wawancara tersebut yaitu perkenalan diri, motivasi menjadi WNI, pengetahuan mengenai Pancasila, lagu kebangsaan Indonesia Raya, dan pengibaran bendera merah putih.

Selama wawancara berlangsung, Hernadi mengapresiasi bahwa kedua WNA Jepang tersebut telah menghayati secara mendalam pengetahuan mengenai Pancasila, lagu kebangsaan Indonesia Raya, dan pengibaran bendera merah putih. Hal ini tampak dari pengalaman pada kedua WNA tersebut yang memang sudah lama tinggal di Indonesia selama lebih dari 20 tahun dan telah berkontribusi aktif bagi Bangsa Indonesia.

“Saya baru kali ini melihat kedua WNA ini memiliki jiwa nasionalisme yang tinggi. Saya secara pribadi juga bangga sebagai orang Indonesia di kala Bangsa Indonesia dapat berkibar hingga di tingkat internasional. Kedua WNA ini menang Cinta Indonesia!” ungkap Hernadi dalam keterangannya di Kanwil Sulsel, Minggu (21/4).

Hernadi berharap kedua WNA yang saat ini kuliah di Universitas Hasanuddin (UNHAS) program studi Manajemen, dapat lulus kelak menjadi WNI yang berkualitas dan bermanfaat bagi Bangsa dan Negara.

  • Bagikan