Dinsos Makassar Ungkap Tiga Pengemis Tajir, Pendapatannya Rp800 Ribu per Hari

  • Bagikan
Uang pengemis yang dilabeli tajir (Foto: Istimewa)

FAJAR.CO.ID,MAKASSAR — Dinas Sosial (Dinsos) Makassar menjaring sejumlah pengemis selama tahun 2024. Di antara yang terjaring, tiga di antaranya dilabeli pengemis tajir.

Hal itu diumumkan di media sosial Instagram @dinsoskotamks. Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinsos, Andi Pangerang Nur Akbar mengonfirmasi hal itu.

“Iye hasil penjangkauan TRC Dinsos. Dimulai bulan Januari sampai dengan bulan ini. Jelasnya kapan tepatnya saya lupa,” kata Pangerang saat dikonfirmasi melalui WhatsApp, Selasa (23/4/2024).

Tiga pengemis berlaber tajir itu, pertama adalah H, perempuan yang berumur 26 tahun. Saat diamankan di Jalan Sungai Saddang, H mengantongi uang tunai Rp8 juta.

Kemudian yang kedua, pengemis yang dilabeli juragan emas. Pengemis tersebut saat dijaring mengantongi nota emas. Ia mengaku nota emas itu berasal dari hasil jeri payahnya selama ini yang ia gunakan membeli emas.

“Kalau pengemis ini berpindah-pindah (tempat mangkalnya),” ujarnya.

Lalu yang ketiga, seorang anak berinisial S. Anak tersebut mengemis menggunakan kostum badut. Pendapatannya sehari mencapai Rp800 ribu rupiah.

“Kalau badut itu lokasinya di perempatan Pengayoman - Adhyaksa,” ucapnya.

Pangerang mengatakan pihaknya memang secara sengaja menggencarkam informasi para pengemis tajir. Itu, kata dia untuk menyadarkan masyarakat.

“Ini langkah selanjutnya kami sosialisasikan karena banyak warga Makassar yang tidak tahu info seperti ini, supaya tidak lagi memberi uang ke anak jalanan, kalau tidak ada yang kasi pasti mereka malas mi turun ke jalan,” tandasnya. (Arya/Fajar)

  • Bagikan