Canangkan Hidup Sehat dan Lingkungan Bersih, Andi Bebas Siapkan Solusi Ini

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, POLMAN - Salah satu program prioritas bakal calon bupati Polewali Mandar (Polman), Andi Bebas Manggazali adalah penanganan kebersihan. Selain memberikan rasa nyaman kepada masyarakat, Andi Bebas memprioritaskan penanganan kebersihan ini karena ingin membawa Polman menjadi daerah "bebas sampah".

Juru Bicara, Andi Bebas Manggazali, Buyung Wijaya Kusuma mengatakan, masalah sampah di Polman cukup krusial jika tak ditangani dan tata dikelola yang baik. Karena itu, kata dia, program kebersihan ala Andi Bebas diharapkan menjadi solusi masalah sampah saat ini.

"Lingkungan bersih tentu menghidupkan sensasi kehidupan yang nyaman dan sehat, yang tentu harus didasari dengan program-program yang melibatkan pemerintah dan masyarakat dengan sistem berkolaborasi. Saya kira kita semua tentu sadar akan indahnya kota karena lingkungan bersih," kata Buyung di Polman, Selasa, 7 Mei 2024.

Penanganan kebersihan lanjut Buyung, harus dilakukan secara tersistematis dan terintegrasi demi Polman menuju bebas sampah. Sebab kata dia, sampah telah menjadi ancaman karena dibiarkan begitu saja. Selain merusak lingkungan juga mengancam kesehatan masyarakat.

"Penanganan yang baik akan membangun kesadaran kritis masyarakat akan pentingnya lingkungan yang bersih, kita dapat memulai dengan hal-hal sederhana dalam kehidupan kita sehari-hari dengan memilah sampah dari rumah masing-masing. Ini penting demi melindungi lingkungan dan kerusakan akibat pengelolaan yang tidak baik," beber Buyung.

Selain itu yang tak kala penting adalah dengan menyiapkan tempat penampungan sementara (TPS) dan tempat pembuangan akhir. Di TPS bakal menjadi wadah untuk memilah sampah sebelum didaur ulang, kemudian menghasilkan nilai ekonomi masyarakat.

  • Bagikan

Exit mobile version