Festival Kebhinekaan, SMA Islam Athirah 1 Makassar Tampilkan Berbagai Budaya Lokal

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — SMA Islam Athirah 1 Makassar menggelar Festival Kebhinekaan di Hall Lantai 1 Sekolah Islam Athirah, Jalan Kajaolalido, Rabu, (22/5/2024).

Beberapa item lomba diantaranya senam etnik Nusantara dan menyanyi lagu berbahasa daerah (Sulselbar).

Kepala SMAN Islam Athirah 1 Makassar, Tawakkal Kahar menyampaikan, yang ditampilkan sesungguhnya tema kebhinekaan Tunggal Ika.

Booth yang dilombakan, siswa bekerja sama dengan orangtuanya. Orang tua dilibatkan dalam memasak. Mereka berlomba antar kelas.

“Kita harapkan kolaborasi antara siswa, guru dan orang tua untuk memahami betapa pentingnya keberagaman melalui pendidikan Tunggal Ika. Jadi Sekolah Menengah, kita pahamkan mereka lewat kegiatan ini. Bahwa budaya kita kaya, jangan terpecah belah karena kita kekayaan budaya,” jelasnya.

Hadir juga SMA dari Bulukumba dan SMA Swasta di Makassar. Mitra Komunitas Belajar diundang untuk penandatanganan MOU bersama SMA Athirah.

“Supaya berbaginya kami dalam proses kurikulum merdeka lebih dapat,” tandasnya.

Sementara itu, Koordinator Acara, Muhammad Ragil menyatakan, agenda ini merupakan kegiatan gabungan antara kelas XI dan X. Berkolaborasi dengan project profil pelajaran Pancasila.

“Temanya kebhinekaan global. Karena mengangkat budaya Nusantara maka kita mengangkat tema Unity Diversity Wonderful Indonesia,” kata dia.

Setiap kelas X memperoleh daerah-daerah yang sudah dipilih secara acak untuk diangkat masing-masing. Setiap perwakilan akan ada presentasi dari setiap putra dan putri mewakilkan daerah yang mereka peroleh.

  • Bagikan