Perkuat Pertahanan NKRI, Danlantamal IV Ikuti Prosesi Pembuatan Kapal Cepat Rudal 60 Buatan Dalam Negeri

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, JAKARTA -- Guna mendukung pengembangan perkuatan pertahanan, Komandan Lantamal IV Batam Laksmana Pertama TNI Tjatur Soniarto, CHRMP., M.Tr.Hanla mendampingi Kepala Pusat Kodifikasi Kementrian Pertahanan Laksmana Pertama TNI Mochamad Taufiq Hidayat, S.T., M.Si. bersama dengan Aslog Kasal dalam rangka keel laying Kapal Rudal Cepat (KCR) 60 Meter oleh PT Palindo Marine Batam, bertempat di Sei Lekop, Batu Aji, Kota Batam, Rabu (12/6/2024).

Turut hadir dalam acara keel laying KCR 60 Meter, Kapuslaik Kemhan, Kadislaikmatal, para pejabat kementrian pertahanan, pejabat jajaran Mabesal serta disaksikan oleh Direktur Utama dan Direktur PT Palindo Marine.

Acara diawali dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya, sambutan oleh direktur PT Palindo Marine, pembacaan pernyataan keel laying, penekanan tombol sirine oleh Kapuskod Kemhan, penandatanganan prasasti plat keel oleh Kapuskod Kemhan dan Waaslog Kasal dan dilanjutkan dengan prosesi pengelasan.

Dalam amanat Kabaranahan Kemhan Marsda TNI Yusuf Jauhari, M. Eng yang dibacakan Kapuskod Kemhan Laksmana Pertama TNI M. Taufiq Hidayat menyampaikan, Keel Laying atau peletakkan lunas kapal untuk KCR 60 yang merupakan proyek pengadaan antara Kementrian Pertahanan RI dengan PT Palindo Marine merupakan tradisi yang berlaku universal di seluruh Angkatan Laut Dunia termasuk di TNI AL.

"Upacara Keel Laying adalah momen penting sebagai tanda hari kelahiran kapal yang diawali dengan pembuatan rangka lunas kapal". Ucapnya.

Lebih lanjut dikatakan "Pengadaan KCR 60 ini merupakan bagian dari program pengembangan kekuatan pertahanan untuk mendukung TNI AL dalam menjaga kedaulatan NKRI".

  • Bagikan