Laksanakan Studi Lapangan, Peserta PKP Balai Diklat Keagamaan Manado Sambangi Kanwil Kemenkumham Sulsel

  • Bagikan

Sementara itu, Kepala Balai Diklat Keagamaan Manado, Muis Riadi dalam sambutannya mengatakan pihaknya membawa peserta sebanyak 29 orang yang berasal dari Unit Kerja Kemenag Wilayah Sulawesi Utara, Gorontalo, dan Sulawesi Tengah, 3 (tiga) orang pembimbing studi lapangan, dan 4 (empat) orang panitia pelaksana.

“Kami berterima kasih kepada jajaran Kanwil Kemenkumham Sulsel yang telah menerika kami di dalam rangkaian Studi Lapangan ini. Kami memilih Kanwil Kemenkumham Sulsel atas pertimbangan aspek yaitu wilayah kerja Kanwil Kemenkumham Sulsel yang lebih luas. Selain itu, kami ingin melihat aspek-aspek layanan dan aspek hukum itu sendiri. Aspek-aspek ini sangat penting bagi anggota kami yang merupakan pejabat Eselon IV,” kata Muis.

Lebih lanjut Muis ungkapkan bahwa di dalam studi lapangan ini, para peserta ingin mengetahui apakah teori yang diperoleh di kelas telah sesuai atau berbeda dengan realitas di lapangan.

Dalam kesempatan ini, Muis katakan para peserta yang telah mengikuti studi lapangan ini nantinya akan menyusun laporan aksi perubahan dan seminar rancangan aktualisasi di unit kerjanya masing-masing.

Muis juga ungkapkan bahwa studi lapangan ini sejalan dengan upaya pengembangan SDM yang tidak hanya fokus pada kinerja di lapangan semata, melainkan juga fokus perilaku peserta di dalam melaksanakan kepemimpinan nantinya.

“Para peserta juga akan dilihat penampilannya karena dapat berpengaruh terhadap kinerja. Salah satu ukuran performance kinerja itu bukan dilihat dari caranya bekerja, tetapi dari cara penampilannya,” tambah Muis.

  • Bagikan