Sekkot Bahas Penanganan HIV/AIDS di Kota Parepare Saat Dikunjungi KPA Sulsel

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, PAREPARE--Komisi Penanggulangan Aids (KPA) Provinsi Sulawesi selatan, bersama dengan tim melakukan kunjungan ke kota Parepare.

Rombongan diterima oleh perwakilan pemerintah kota yang diwakili oleh Sekretaris kota, Muhammad Husni Syam di ruang Lounge bj Habibie, kantor wali kota Parepare, Selasa (23/07/2024)

Tim Asistensi KPAP Sulsel, Arlin Adam, mengatakan, tujuan utama dari kunjungan ini adalah untuk mengkaji kondisi penanganan HIV/AIDS di Parepare serta merancang strategi lebih lanjut untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang penyakit ini.

Penggiat HIV/AIDS Kampanye Edukasi Stop AIDS Peringati Hari AIDS Sedunia
Dalam pertemuan dengan pemerintah Kota Parepare, komisi menyoroti pentingnya kerja sama antara pemerintah daerah, lembaga kesehatan, dan masyarakat dalam mendukung program-program pencegahan dan pengobatan HIV/AIDS.

Arlin Adam menyebutkan, dari data yang dihimpun, pihaknya hingga hari ini Kota Parepare terus mengalami peningkatan grafik penderita, dan penyebaran HIV/AIDS yang cukup kuat.

“Salah satu faktor pemicu risiko itu terjadi, sebab Parepare ini adalah kota destinasi, pusat kunjungan dan perlintasannya di Pelabuhan. Nah semua itu berpotensi munculnya penyebaran HIV/AIDS,” katanya.

Sehingga, dia melanjutkan, KPA Provinsi bersama Pemkot dan lintas sektor, perlu melakukan pencegahan maupun penanggulangan dini, untuk menekan peningkatan angka dan penularan kasus HIV/AIDS di Parepare.

Diketahui, Kota Parepare telah menduduki posisi lima besar, dalam kategori daerah tertinggi untuk penderita maupun penyebaran penyakit HIV/AIDS di Sulawesi Selatan.

  • Bagikan