BPJS Kesehatan Makassar Percepat Transformasi Layanan JKN melaluiInovasi Digital

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR – Radio Republik Indonesia (RRI) Makassar menyelenggarakan kegiatan "Dialog Luar Studio: Transformasi Mutu Layanan Program JKN" pada Jumat, 16 Agustus 2024, di Popsa Makassar. Kegiatan ini mengangkat tema transformasi mutu layanan yang diinisiasi oleh BPJS Kesehatan dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan untuk para peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN). Kegiatan ini dihadiri oleh berbagai pemangku kepentingan, termasuk Kepala BPJS Kesehatan Cabang Makassar, Muhammad Aras, dan Kepala Dinas Kesehatan Kota Makassar, Nursaidah Sirajuddin.

Dalam kesempatan tersebut, Muhammad Aras menyampaikan bahwa pelaksanaan Program JKN adalah amanah dari undang-undang yang mengharuskan program ini menjangkau seluruh penduduk Indonesia.

"Pelaksanaan program JKN ini karena diamanahkan di undang-undang itu dinyatakan bahwa program JKN ini ditujukan untuk seluruh penduduk Indonesia, seluruh masyarakat yang sebelumnya terbatas hanya pegawai negeri sipil dan pensiunnya," ujar Aras.

Pernyataan ini menegaskan bahwa cakupan program JKN kini telah diperluas untuk mencakup seluruh lapisan masyarakat, tidak lagi terbatas pada kalangan tertentu seperti pegawai negeri sipil dan pensiunan.

Aras melanjutkan dengan memaparkan berbagai inovasi yang telah dilakukan oleh BPJS Kesehatan, khususnya dalam rangka meningkatkan mutu layanan bagi peserta JKN. Salah satu inovasi yang saat ini sedang digaungkan adalah Transformasi Mutu Layanan.

"Terkait program-program JKN sendiri saat ini banyak inovasi-inovasi yang kita lakukan di BPJS Kesehatan termasuk yang sedang kita gaung-gaungkan adalah transformasi mutu layanan. Transformasi Mutu Layanan yang kita maksud di sini memiliki tagline, yaitu bagaimana memberikan layanan secara lebih mudah, cepat, dan setara. Bagaimana memberikan pelayanan kepada peserta itu supaya lebih mudah, kemudian bisa lebih cepat dan kesetaraan tanpa adanya diskriminasi," jelasnya.

  • Bagikan