Pilkada Sinjai: Pasangan MAIKI Unggul Telak Pemberitaan di Media Online

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, SINJAI -- Para kandidat di Pilkada Sinjai 2024 tak cuma bertarung di darat, namun juga di "udara". Hasilnya mulai terbaca lewat data.

Muzayyin Arif-A Ikhsan Hamid memimpin pemberitaan oleh media-media online di Sinjai. Pasangan Maiki itu unggul atas pasangan calon (paslon) lain dengan perbandingan share of voice 65,91 persen, Kartini-Muzakkir 25,73 persen, Ratnawati-Mahyanto 7,17 persen, dan Nursanti-Lukman 1,18 persen.

Data tersebut hasil analisis Maegadata. Lembaga tersebut tak hanya melakukan monitoring di pemberitaan, juga di media sosial. Media sosial yang dipantau adalah Facebook, Instagram, dan TikTok, mulai dari 1 hingga 31 Agustus 2024.

Jumlah percakapan dari total kandidat sebesar 20.697, yang melibatkan akun sebesar 3.317. Pada postingan tersebut, jumlah percakapan, komentar, dan share of voice Muzayyin-Ikhsan juga jauh lebih unggul dibandingkan paslon lain, yaitu 65,91 persen dan share of netizen 56,17 persen.

Jumlah percakapan yang terkait Muzayyin-Ikhsan sebanyak 13.642 dengan jumlah akun yang terlibat sebanyak 1.863.

Direktur Eksekutif Megadata, Anwar Abugaza, menjelaskan bahwa metodologi yang digunakan mampu merekam sumber awal, atau data hulu. Metode ini berbeda dengan metode survei dengan sumber sampling yang turun langsung ke lapangan dan menggunakan data hilir.

“Kami menarik data percakapan dari media sosial, kemudian menarik data berita dari media online berdasarkan kata kunci, yaitu ‘Pilkada Sinjai 2024’ dan nama calon,” jelasnya, Rabu (11/09/2024).

  • Bagikan