PT Rachita Dukung Transformasi Digital Pendidikan Lewat Collaborative Digital Class: Bijak Bermedia Sosial dan Kreatif dengan AI

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR – Sebagai bagian dari upaya mendukung pendidikan nasional dan menciptakan ruang digital yang bijak dan kreatif, Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan resmi meluncurkan program Collaborative Digital Class dengan tema "Bijak Bermedia Sosial - Kreative dengan AI." Program ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa dan guru dalam menggunakan media sosial secara bijak serta mengoptimalkan teknologi digital berbasis kecerdasan buatan (AI) dalam pembelajaran.

Launching program ini berlangsung di Aula SMA N 17 Makassar dan dihadiri oleh Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sulawesi Selatan, H. Iqbal Nadjamuddin, yang mewakili Penjabat (Pj) Gubernur Sulawesi Selatan, Prof. Dr. Zudan Arif Fakrullah, SH, MH. Dalam sambutannya, Iqbal mengapresiasi kolaborasi antara mitra-mitra besar seperti Gojek, Penerbit Erlangga, PT Rachita Group, dan Dinas Pendidikan Pemprov Sulsel. Ia juga menyampaikan harapannya agar program ini dapat berlanjut dan dioptimalkan untuk mengembangkan pembelajaran digital di seluruh Sulawesi Selatan.

Iqbal juga menekankan pentingnya pengembangan kompetensi digital bagi generasi muda. “Program ini untuk anak-anak kita semua selaku Generasi Z. Ini bentuk komitmen kita untuk mendorong siswa SMA dan SMK di Sulawesi Selatan agar lebih siap menghadapi tantangan global. Melalui kolaborasi digital, kita ingin membangun keterampilan kerja sama, berpikir kritis, dan kreativitas yang akan bermanfaat dalam dunia kerja nanti,” ungkapnya.

Ralie Karya Agriawan, selaku General Manager PT Rachita, juga mengungkapkan bahwa program ini sangat perlu dan dibutuhkan untuk diterapkan di lingkup pendidikan Indonesia, mengingat bahwa Indonesia menempati peringkat ke-69 dari 121 negara dari segi literasi digital dan kualitas kehidupan digitalnya.

  • Bagikan