FAJAR.CO.ID, PINRANG --- Menuju Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) Tahun 2020, Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIB Pinrang kembali membuat inovasi.
Salah satunya dengan terus melakukan peningkatan kualitas layanan publik dengan menghadirkan beberapa inovasi baru seperti yang tampak pada Rabu (24/6/2020).
Kepala Rutan Pinrang, Ali Imran pencapaian WBBM terbilang cukup sulit dari penilaian WBK sebelumnya. Menurutnya, orientasi penilaian WBBM mengarah pada kualitas layanan yang diberikan.
"Apakah memang benar-benar memiliki dampak bagi masyarakat atau hanya sekadar bumbu-bumbu saja," kata Imran.
Lebih lanjut, menurut lelaki lulusan Akademi Pemasyarakatan ini bahwa menuju WBBM, Rutan Pinrang telah menghadirkan beberapa inovasi baru diantaranya Aplikasi One Touch Click Rutan Pinrang (OTC RUANG).
"Aplikasi ini berbasis android yang di dalamnya sudah terintegrasi dengan layanan nomor antrian, layanan Yankomas, layanan konseling, layanan kotak saran, layanan survei IKM dan IPK serta layanan informasi seputar kegiatan di Rutan Pinrang," terangnya.
Selain inovasi tersebut, layanan I Care You (ICU) juga terbilang baru di Rutan Pinrang. Munculnya layanan ini dilatar belakangi karena banyaknya aduan lisan dari Warga Binaan yang kurang harmonis dengan keluarganya. Hadirnya inovasi ini sebagai respon atas keluhan-keluhan yang masuk.
"I Care You merupakan layanan konseling bagi Warga Binaan dan keluarga yang difasilitasi oleh Rutan Pinrang berupa wadah mediasi WBP dengan keluarga yang kurang harmonis," bebernya.