15.640 Vaksin Sinovac Tiba di Sulsel, Makassar Dapat Jatah 3.400 Vial

Rabu, 24 Februari 2021 16:51

Ilustrasi vaksin covid

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Sebanyak 15.640 Vaksin Sinovac tiba di Provinsi Sulawesi Selatan pukul 04.00 WITA, Rabu (24/2/2021). Pelaksanaan vaksinasi tahap dua ini diperuntukkan bagi Lanjut Usia (Lansia) dan pelayan publik.

Kepala Bidang Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan (Diskes), dr Nursaidah menyebut, Kota Makassar mendapat jatah 3.400 Vial vaksin jenis Sinovac.

“Belum jelas berapa didapat, karena vaksin yang masuk tadi subuh 15 ribuan untuk Kabupaten Kota. Kalau diliat di list hanya 3.400 ji,” kata dr Nursaidah saat dihubungi, Rabu (24/2/2021).

Jika dilihat dari jumlah vaksin tahap kedua ini, angka tersebut tergolong tinggi. Bukan tanpa alasan, Makassar merupakan Ibukota Provinsi Sulawesi Sulsel.

Sementara, Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Sulsel, dr Nurul AR mengungkapkan, vaksinasi gelombang kedua akan dimulai pada Maret mendatang dengan target 50.411 lansia asal Makassar.

“Awal Maret sudah dilaksanakan vaksin lansia khusus di ibukota provinsi, jadi kita di Makassar. Nantinya akan dilayani di tempat pelayanan kesehatan seperti Rumah Sakit dan tempat atau titik berkumpul lansia,” ungkap dr, Nurul AR.

dr Nurul membeberkan, pelayanan teknisnya sementara dalam tahap penyusunan namun bisa dipastikan apabila para lansia yang ingin divaksin harus mendaftarkan diri di laman makassar.kemkes.go.id.

“Pekan terakhir di bulan Februari ini kami masih maksimalkan dulu untuk tahap I karena teman-teman di lapangan masih melakukan vaksinasi lanjutan untuk SDM Kesehatan,” jelas dr Nurul.

Untuk persyaratan, dr Nurul mengaku sama saja dengan pelaksanaan vaksinasi pada umumnya. Tidak ada penyakit komplikasi dan dalam kondisi kesehatan yang stabil. “Untuk pertama Makassar dulu, selanjutnya kita menunggu untuk kemudian kita distribusikan ke tempat yang fokus di kabupaten/kota. Jadi harapan kita nanti, kita mengatur porsi-porsi dari masing-masing sasaran tersebut,” lanjutnya.

Komentar

VIDEO TERKINI