Penderita COVID-19 di Luwu Utara Tersisa Satu Orang, 14 Kecamatan Kini Zona Hijau

  • Bagikan

Melansir CNBC Indonesia, India kini menjadi negara dengan kasus COVID-19 terbanyak kedua di dunia, setelah Amerika Serikat. Posisi ketiga, Brasil. Pascavaksinasi COVID-19, India terlalu percaya diri dengan melonggarkan protokol kesehatan. Herd immunity terlalu cepat diambil pemerintah setempat. Festival keagamaan di tengah pandemi digelar dengan melibatkan jutaan orang.

“Orang-orang sangat terlena dengan bertindak seolah-olah virus itu telah hilang, yang sesungguhnya tidak masuk akal,” kata seorang ahli urologi Dr K Senthil di Coimbatore Tamil Nadul, sebagaimana dikutip The Guardian melalui CNBC Indonesia.

Masih melansir CNBC Indonesia, ucapan Senthil bukan tanpa alasan. Ratusan orang di India, sudah melakukan sejumlah aktivitas laiknya normal. Mulai dari menggelar pesta pernikahan besar, berdemonstrasi politik hingga acara keagamaan dengan mendatangkan jutaan orang, tanpa masker dan jarak sosial.

Nah, apa yang dialami India saat ini tentunya harus menjadi pelajaran buat semua orang di Indonesia, lebih terkhusus masyarakat Luwu Utara, agar tetap mematuhi protokol kesehatan di tengah berlangsungnya program vaksinasi COVID-19. (rls)

  • Bagikan

Exit mobile version