Presentasi Replikator Hypnogreen Luwu Utara Tuai Pujian Panelis

  • Bagikan

Usai presentasi Hypnogreen, para panelis memberikan masukan, saran, termasuk memberikan pujian terhadap inovasi pengembangan ANC Hipnoterapi ini. Salah satu panelis, Lukman Samboteng, memuji tayangan video yang ditampilkan. Kata dia, video sudah menggambarkan dan memberikan penjelasan terhadap cara kerja inovasi ini.

“Videonya sudah bagus. Dukungan kebijakan juga sudah sangat lengkap, karena ada SK Bupati, SK Kepala Dinas, dan SK Puskesmas,” puji Lukman. Meski begitu, ada yang harus dilengkapi dalam proposal inovasi ini. Salah satunya, sebut dia, bagaimana menguraikan aspek kebaruan dan keunikan inovasi ini. “Inovasi ini nyaman, cuma perlu ada penjelasan durasi ideal inovasi ini diberikan kepada ibu hamil di proposalnya. Perlu diingat, tampilan pertama itu dari proposal, dan kami menilai inovasi bapak ibu itu dimulai dari proposalnya,” terang dosen Politeknik STIA LAN Makassar ini

Sementara Panelis lainnya, Dermayana Arsal, dari Bappelitbangda Sulsel, mengaku penasaran dengan pengembangan ANC Hipnoterapi. Dari sisi keunikannya, ia menemukan penambahan metode inovasi dari sugesti di ANC Hipnoterapi ke swasugesti di Hypnogreen. Itu menurut dia sisi keunikan dari Hypnogreen. “Kalau saya lihat dan baca, sisi keunikannya ada pada metodenya, dari sugesti ke swasugesti,” jelas dia.

Namun, ia ingin keunikan dan kebaruan inovasi ini perlu dijelaskan dalam proposalnya. “Munculkan kebaruan dan keunikan swasugestinya. Ini yang tidak saya lihat di proposalnya. Kenapa ini unik, karena swasugesti. Harusnya juga dijelaskan kenapa swasugesti ini menjadi unik. Artinya, ibu hamil sendiri yang men-swasugesti dirinya, bukan dari luar. Saya kira ini perlu di-eksplore lebih jauh lagi terkait swasugesti ini,” harap dia.

  • Bagikan

Exit mobile version